Sibuk Jadi Alasan Polisi Mangkir Sidang Kivlan Zen Kombes Pol Argo Yuwono (ANTARA Foto/Rival Awal Lingga)

MerahPutih.com - Kepolisian menjelaskan alasan mereka tak bisa hadir ke sidang perdana praperadilan Kivlan Zen atas status tersangkanya dalam kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal yang digelar Senin (8/6) lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengaku penyidik terlalu sibuk sehingga belum bisa merampungkan materi jawaban gugatan praperadilan. "Karena sedang mempersiapkan jawaban," kata dia, saat dikonfirmasi, Rabu (10/7).

BACA JUGA: Polri Tantang Kivlan Zen Berjuang di Praperadilan

Saat sidang digelar Senin 8 Juli 2019 lalu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pihak termohon dalam hal ini Polda Metro Jaya tidak hadir hingga akhirnya sidang ditunda. Alhasil, sidang ditunda hingga dua pekan Senin 22 Juli..

Nantinya Argo memastikan pihaknya akan menghadiri sidang lanjutan dengan diwakili oleh kuasa hukum yang sudah ditunjuk. "Nanti kuasa hukum Polda yang hadir," kata Argo.

Tersangka kasus makar dan kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen
Tersangka kasus dugaan makar dan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen (Foto: antaranews)

Sejak kasus ini terungkap, nama Kilvan juga disebut-sebut memberikan perintah langsung kepada para tersangka kasus penyeludupan senjata untuk membunuh empat tokoh nasional dan satu pimpinan lembaga survei.

BACA JUGA: Labil, Kivlan Zen Batal Cabut Gugatan Praperadilan

Enam tersangka yang telah ditahan juga sudah memberikan testimoni terkait dugaan adanya keterlibatan Kivlan Zen merancang pembunuhan terhadap empat tokoh nasional yang di antaranya Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menkopolhukam Wiranto, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, dan dan Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan Gories Mere.

Atas hal itu, Kivlan sendiri sudah mengajukan gugatan praperadilan terhadap Polda Metro Jaya atas status tersangkanya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Praperadilan yang diajukan oleh Kivlan didaftarkan dengan nomor 75/pid.pra/2019/pn.jaksel. (Knu)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH