Siasati Mabuk Perjalanan dengan Makanan dan Minuman yang Tepat

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 18 September 2022
Siasati Mabuk Perjalanan dengan Makanan dan Minuman yang Tepat
Sebagian orang mengalami pusing saat di perjalanan. (Foto: Unsplash/Clay Banks)

KEPALA pusing, perut serasa diaduk, dan pandangan mulai tidak fokus. Kamu mungkin pernah mengalami gejala itu saat sedang naik mobil, pesawat, atau kereta. Kondisi itu dikenal dengan istilah mabuk perjalanan atau motion sickness.

Menurut laman Mental Floss, mabuk perjalanan biasanya dipicu kebingungan panca indera. Misalnya mata melihat benda sekeliling kendaraan bergerak sangat cepat, padahal tubuh tidak merasa apa-apa karena hanya duduk diam di kursi. Ini membuat otak kebingungan dan akhirnya memicu sensasi mual serta muntah.

Salah satu cara mencegah ini adalah hindari naik kendaraan dalam kondisi perut kosong. Tubuh dan organ pencernaan jadi mudah menangkap sensasi mabuk jika perut tidak terisi. Dilansir Healthline, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi mabuk perjalanan.

Baca juga:

Cegah Mabuk Perjalanan dengan Cara Simpel Ini

Siasati Mabuk Perjalanan dengan Makanan dan Minuman
Hindari makanan berat sebelum melakukan perjalanan. (Foto: danboater)

1. Jahe

Tanaman dan rempah ini ternyata mengandung banyak bahan bioaktif yang dapat mengurangi sensasi mabuk. Kamu cukup mengonsumsi sedikit jahe saja, sekitar setengah sampai satu gram per hari. Jahe bisa kamu campur ke dalam makanan atau minuman seperti teh atau biskuit.

2. Air mineral dan minuman menyegarkan

Minum air yang cukup adalah kunci dari banyak masalah kesehatan. Ketika mual dan muntah, banyak cairan yang terbuang. Maka dari itu pastikan kamu minum air yang cukup. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Selain air mineral, kamu juga boleh minum minuman menyegarkan lain seperti es teh, air kelapa, dan jus buah. Hindari minuman yang terlalu manis, berkafein, atau mengandung susu.

Baca juga:

Atasi Mabuk Perjalanan Tak Melulu Perlu Obat

Siasati Mabuk Perjalanan dengan Makanan dan Minuman
Liburan akan nyaman jika kamu bisa mencegah mabuk perjalanan. (Foto: netpharmacy)

3. Biskuit dan roti panggang

Makanan ringan nan kering seperti biskuit serta roti panggang sering direkomendasikan kala seseorang mengalami mual. Bahkan, makanan jenis ini juga direkomendasikan pada perempuan hamil, loh. Biskuit dan roti panggang tidak memiliki aroma yang kuat. Selain itu, makanan ini juga tidak terlalu berat dan mudah disiapkan.

4. Makanan dingin

Saat mual, orang lebih bisa mencicipi makanan dingin dibanding makanan hangat sebab baunya tidak menyengat. Beberapa contoh makanan dingin yang bisa kamu coba adalah es krim, jelly, pudding, buah-buahan, atau yoghurt. Jika kamu ingin sesuatu yang lebih mengenyangkan, kamu bisa mencoba sereal.

5. Pisang

Ketika mabuk dan mual, rasanya sulit untuk makan makanan bergizi dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, pisang bisa menjadi pilihan. Selain rasanya yang enak, pisang juga mengandung banyak nutrisi. Selain itu, pisang sifatnya bisa mengenyangkan serta menambah energimu. (mcl)

Baca juga:

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan dengan Mudah dan Aman

#Kesehatan #Tips Traveling #Traveling #Mabuk Perjalanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan