Siapkan Tas Siaga Bencana

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 29 November 2022
Siapkan Tas Siaga Bencana
Jangan lupa masukkan kotak P3K berisi obat-obatan, cairan pembersih luka, salep antibiotik, dan plester. (freepik/freepik)

TIDAK ada yang tahu kapan bencana alam akan terjadi, oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri. Walaupun menyelamatkan nyawa menjadi hal penting jika terjadi bencana, namun kamu juga perlu membawa barang-barang penting.

Barang-barang penting ini perlu dibawa selama keadaan masih darurat atau selama masa evakuasi. Barang-barang ini juga sangat berguna agar kamu dan orang-orang terdekatmu bisa bertahan hidup.

Baca Juga:

Tragedi Gas Beracun Dieng, Inspirasi Lagu Wajib Bencana Warga +62

tas
Tas yang akan digunakan, berbahan tahan air akan lebih baik. (freepik/freepik)

Tas siaga bencana ini perlu kamu siapkan sesegera mungkin. Apalagi menurut data BNPB, Indonesia merupakan negara dengan potensi bencana alam yang tinggi, seperti gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung merapi. Maka, tas siaga bencana ini bertujuan agar tas bisa langsung kamu bawa begitu bencana tiba atau sewaktu-waktu dibutuhkan.

Pertama-tama siapkan tas yang akan digunakan, berbahan tahan air akan lebih baik. Kedua, tas tersebut mudah diraih oleh semua anggota keluarga dan simpan di tempat yang terjangkau. Ketiga, usahakan barang yang dimasukkan ke dalam tas dilapisi oleh plastik.

Lalu barang apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam tas? Melansir dari laman Alodokter, Merah Putih
merincinya dan barang tersebut sebagai berikut:

Makanan

Makanan yang kamu masukkan merupakan makanan siap santap, jumlahnya minimal untuk bertahan hidup selama 3 hari. Hindari makanan pedas dan asin karena bisa membuat kamu mudah haus, padahal cadangan air pada saat bencana biasanya terbatas. Selain makanan, masukkan pula air minum setidaknya untuk tiga hari, sebanyak 3 liter per orang setiap harinya.

Jangan lupa untuk cek tanggal kedaluwarsa secara berkala. Masukkan juga gunting, alat pembuka botol dan pisau lipat guna membuka kemasan makanan dan minuman persediaan.

Obat-obatan

Penting untuk membawa kotak P3K berisi obat-obatan, cairan pembersih luka, salep antibiotik, dan plester. Jika kamu atau keluarga ada yang menderita penyakit tertentu, jangan lupa untuk memasukkan obatnya ke dalam tas siaga bencana. Lakukan juga pengecekan kedaluwarsa setiap obat-obatan.

Pakaian

Bawa pakaian ganti minimal satu pasang. Selain pakaian, masukkan pula selimut atau kantung tidur, sarung tangan, masker sekali pakai, topi, handuk, jas hujan, dan pembalut.

Jangan lupa untuk memasukkan perlengkapan penting bagi yang memiliki bayi, seperti botol, susu, makanan bayi, dan popok ke dalam tas siaga bencana. Jika kamu tinggal dengan orang tua atau lansia, siapkan pula popok untuk orang dewasa.

Baca Juga:

Pentingnya Mempersiapkan Anak Hadapi Bencana Alam

tas
Tas siaga sangat berguna agar kamu dan orang-orang terdekatmu bisa bertahan hidup. (freepik/freepik)

Surat-surat penting

Jangan lupakan dokumen atau kartu penting, seperti surat tanah, ijazah, kartu asuransi, serta fotokopi KTP, SIM dan Kartu Keluarga masuk ke dalam tas siaga bencana. Jangan lupa pula untuk memasukkan duplikat kunci kendaraan, kunci rumah, serta uang tunai secukupnya ke dalam tas ini.

Alat komunikasi

Kelengkapan alat komunikasi pun harus disiapkan. Seperti telepon seluler, untuk digunakan saat bencana. Jangan lupa untuk menyimpan nomor telepon keluarga, nomor telepon darurat, dan nomor penting lainnya.

Pastikan kamu juga memasukkan maps, pengisi daya (charger) ponsel, peluit, kompas, tali, dan senter tahan air beserta baterai cadangannya, karena barang-barang ini juga mungkin untuk dibutuhkan.

Kebutuhan lainnya

Turut dimasukkan ke dalam tas siaga bencana kebutuhan pelengkap seperti perlengkapan mandi, perlengkapan aktivitas anak, seperti buku mewarnai atau game board, tisu kering dan basah, jarum dan benang, dan disinfektan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu siapkan untuk melengkapi tas siaga pra bencana alam. Ingatlah, bila terjadi bencana alam, pastikan kamu beserta keluarga dalam kondisi tenang, ambil tas siaga dan jangan terburu-buru. Cek segala sesuatunya dan usahakan tidak ada yang tertinggal. Semoga bermanfaat ya. (DGS)

Baca Juga:

Save the Children Tanggap Bencana Gempa Bumi di Cianjur

#Inspirasi #Bencana Alam
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan