Siapkan Lahan 2 Hektar, Bos Arema FC bakal Bangun RS Lapangan Khusus COVID-19

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 28 Juli 2021
Siapkan Lahan 2 Hektar, Bos Arema FC bakal Bangun RS Lapangan Khusus COVID-19
Bos Arema FC, Gilang Widya Pramana. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Membantu meringankan beban pasien COVID-19, Crazy Rich Malang, Gilang Widya Pramana akan mendirikan Rumah Sakit (RS) lapangan khusus COVID-19 di Kota Apel.

Terkait rencana tersebut, bos Arema FC optimistis pembangunan RS lapangan tersebut bakal rampung di rentang waktu satu hingga dua pekan ke depan.

Baca Juga

Tingkatkan Ekspor Kopi dengan Program Pengembangan Produktivitas Kopi di Malang

"Doakan saja, mudah-mudahan karena gak semudah yang kami inginkan, seminggu dua minggu selesai karena tahapannya begitu banyak," tuturnya saat diwawancarai, Selasa (27/7).

Ia menjelaskan, tahapan pembangunan RS lapangan COVID-19 tersebut terlebih dahulu mempersiapkan sarana dan prasarana untuk operasionalnya.

"Untuk kebutuhan oksigen masih belum tercukupi dan masih didistribusikan ke RS yang ada saat ini. Sementara tenaga kesehatan ini juga kami masih mencari. Sebab tidak mungkin kami bikin RS namun kebutuhan oksigen tak terpenuhi, nakesnya belum ada, kan jadinya tempat untuk isoman saja, jelas itu bukan target dan harapan kami," ungkap Gilang.

RS lapangan khusus COVID-19 tersebut rencananya akan menampung sebanyak 100 pasien. Namun, untuk lokasi pihaknya masih merahasiakan.

"Lahan yang kami siapkan luasnya 1 hingga 2 hektar. Doakan saja bisa terealisasi agar kami bisa membantu para warga yang terinfeksi COVID-19 yang lokasinya di Kota Malang," tuturnya.

Sebelumnya, Gilang telah mengkomunikasikan rencana tersebut kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Bahkan, Wali Kota Malang kabarnya sudah berkirim surat ke Kemenkes dan BNPB terkait kekurangan untuk membangun RS Lapangan di Kota Malang.

"Pak Wali masih bertanya ke Kemenkes dan BNPB. Kami juga menyiapkan nakes dan menyiapkan izin dan juga sarpasnya. Intinya, kami hanya memfasilitasi dan nanti yang mengatur itu Pemkot termasuk pembayaran pasiennya," papar Gilang.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan, Pemkot Malang siap mendukung rencana pembangunan RS lapangan yang diinisiasi rekan Raffi Ahmad tersebut.

"Dia (Crazy Rich Malang) sanggup mendirikan RS Lapangan namun yang perlu disampaikan dari Kemenkes bahwa RS Lapangan yang mau kami bangun masuk ke RS Lapangan rujukan. Sehingga layanannya bisa diklaim menggunakan asuransi BPJS," pungkasnya. (Andika Eldon/Jawa Timur)

Baca Juga

Sepulang Piknik dari Malang, 7 Warga Kota Solo Positif COVID-19

#COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan