Siapa Tetty Paruntu? Perempuan Cantik yang Sempat Menghebohkan Istana Tetty Paruntu yang sempat menghebohkan istana di pagi hari pengumuman calon menteri kabinet Presiden Jokowi. (Foto: instagram@christiany_eugenia_paruntu)

SETELAH pesta rakyat pelantikan presiden Joko Widodo periode kedua minggu lalu, kini masyarakat menantikan pengumuman siapa saja pihak yang akan menduduki kabinet kerja.Banyak tokoh yang hadir ke istana negara pada hari ini (21/10/2019) tampak menggunakan kemeja putih dan disebut-sebut akan mengantongi status menteri. Meski jawabannya belum pasti, masyarakat rupanya sudah mulai menerka. Salah satu yang terlihat menghadiri istana yaitu Tetty Paruntu, Bupati Minahasa sekaligus seorang pengusaha.

Dilansir dari sejumlah sumber, Tetty Paruntu besar di keluarga politisi. Lahir dari pasangan Prof. Dr. Ir. Jopie Paruntu, MS. Dan Dra. Jenny Tumbuan. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Namanya sudah tak asing lagi bagi warga Minahasa. Sejak kecil sudah terbiasa dengan kehidupan berpolitik. Ayahnya adalah seorang politisi senior yang menjabat sebagai Ketua Komisi D DPRD Sulut, sedangkan ibunya yang dulu pernah menjadi anggota DPRD selama kurun waktu kurang lebih 35 tahun, kini kembali terpilih menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Minahasa Selatan.

Baca Juga:

Batal Bertemu Jokowi, Tetty Paruntu Gagal Masuk Kabinet

tetty
Berasal dari keluarga politisi. (Foto: instagram@christiany_eugenia_paruntu)

Tetty mengenyam pendidikan sekolah dasar hingga menengah pertama di sekolah Budi Mulia Bogor. Saat itu ayahnya sedang melanjutkan kuliah di Institut Pertanian Bogor. Tak lama setelah itu, ayahnya kembali melanjutkan S3 di Inggris. Itu lah sebabnya Tetty terpaksa ikut pindah bersama seluruh keluarganya ke negeri yang dijuluki The Black Country tersebut.

Ia kemudian bersekolah di Harry Carlton Comprehensive School. Selepas SMA, ia memilih kuliah di Pitman College mengambil studi Business Management. Selain itu, ia juga pernah menempuh pendidikan di West London College dengan mengambil jurusan Sistem Informasi Managemen. Ketika kembali ke Indonesia pada tahun 1990, Tetty kemudian kembali melanjutkan pendidikan di Institut Pengembangan Sumber Daya Manusia Mayagita.

tetty
Sebagai pengusaha, namanya sangat dikenal. (Foto: instagram@christiany_eugenia_paruntu)

Sebelum terjun ke dunia politik seperti kedua orangtuanya, ia mengharumkan namanya sebagai pengusaha. Ia berkali-kali menjabat sebagai komisaris dan direktur di beberapa perusahaan. Terakhir ia menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Chandra Ekakarya Pratama sebelum akhirnya terpilih sebagai bupati Minahasa. Di samping itu, Tetty juga turun andil dalam bidang sosial seperti organisasi masyarakat. (mar)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH