Siapa Sudiwardono, Ketua Pengadilan Tinggi Manado yang Terjaring OTT KPK?

Luhung SaptoLuhung Sapto - Sabtu, 07 Oktober 2017
Siapa Sudiwardono, Ketua Pengadilan Tinggi Manado yang Terjaring OTT KPK?
Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Sudiwardono. (foto: pt-manado.go.id)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Manado, Sulawesi Utara pada Jumat (6/10) malam. Dalam operasi senyap itu salah seorang tersangka adalah petinggi di Pengadilan Tinggi Manado.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Merahputih.com, sosok tersebut adalah Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Manado Sudiwardono.

Siapakah Hakim Sudiwardono? Dia mulai dilantik sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Manado pada Kamis, 24 Maret 2016 oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali bersama 31 ketua pengadilan tinggi lainnya.

Mahkamah Agung membenarkan Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Manado Sudiwardono terciduk KPK bersama politikus muda Golkar, Aditya Moha, terkait dugaan suap. Seperti apa sosok Sudiwardono?

Sudiwardono dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Manado tahun lalu. Pelantikannya dilakukan berbarengan dengan 31 ketua pengadilan tinggi lainnya pada Kamis, 24 Maret 2016.

Alumnus Universitas Katholik Parahyangan itu pernah menjabat Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Mataram dan Ketua Pengadilan Negeri Gresik, lalu menjadi Ketua PT Tipikor Jayapura.

Sudiwardono merupakan pria kelahiran Yogyakarta. Sudiwardono terakhir kali mengenyam pendidikan magister humaniora di Universitas Katholik Parahyangan.

Juru Bicara Mahkamah Agung Suhadi mengakui pihaknya masih mengecek kebenaran kabar penangkapan tersebut. Tapi, menurut laman Pengadilan Tinggi Manado, Sudiwardono memimpin pengadilan tersebut.

"Kalau menurut informasi awal, (yang diamankan) ketua Pengadilan Tinggi Manado, tapi masih dicek kebenarannya," kata Suhadi di Jakarta, Sabtu (7/10).

Sebelumnya, KPK telah menangkap petinggi Pengadilan Tinggi Manado bersama politikus Golkar.OTT dilakukan pada tengah malam tadi di Jakarta terkait dugaan suap dalam kasus hukum di Manado, Sulawesi Utara.

"Kami konfirmasi pada hari Jumat (6/10) tengah malam KPK melakukan OTT di Jakarta terkait dengan kasus hukum di Sulawesi Utara, ada penegak hukum dan politikus yang diamankan," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. (*)

#Ott Kpk
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan