Siapa Sih Jagoan untuk Hewan Liar dan Terlantar Selama Pandemi? Hewan liar butuh perhatian kita. (Foto: Unsplash/Aleksandar Popovski)

KEKHAWATIRAN tentang penularan virus dari hewan ke manusia mempersulit situasi pandemi. Padahal, beberapa dokter justru menyarankan agar pasien COVID-19 tetap bersama dengan hewan peliharaan selama isolasi untuk mengurangi kecemasan. Hewan peliharaan dapat menghibur kamu saat menjalani isolasi dan tentunya mengurangi stres, tetapi perlu diingat untuk tidak memeluk dan menciumnya.

Banyak hewan yang diterlantarkan saat pandemi dengan alasan takut jadi media penularan COVID-19. Beberapa dari hewan malang itu tidak hanya menjadi hewan liar, tetapi ada yang masih setia menunggu di rumah kosong karena tidak tahu bahwa tuannya sudah meninggal di rumah sakit.

Baca Juga:

Mocaves dan Hahahihi Scoot, Jagoan Negeri Aing Berbagi di Masa Sulit

Mungkin kamu sering mendengar cerita mengenai komunitas pencinta hewan yang menyelamatkan hewan-hewan diterlantarkan di rumah kosong dan diikat, sehingga hewan tersebut tidak bisa mencari makan dan akhirnya mati perlahan.

Banyaknya jumlah hewan liar saat ini tidak akan terjamah oleh para komunitas pencinta hewan secara menyeluruh. Oleh karena itu, kita sendiri secara individu bisa menjadi jagoan untuk para hewan liar itu selama pandemi.

Ritual sore, jalan-jalan sambil memberi makan hewan liar. (Foto: Unsplash/Jb Photography)

Kamu pasti juga menyadari atau bahkan merupakan salah satu dari banyaknya orang yang mulai mengadopsi bahkan sampai membeli hewan untuk dipelihara semenjak pandemi melanda. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kebosanan dan mencari teman bermain.

Saking bosannya nih, selama pandemi beberapa orang yang tidak dibolehkan untuk memelihara hewan melakukan ritual sore dengan berkeliling dan memberi makan hewan liar. Sama halnya dengan Raja Alif Adhi Budoyo, seorang mahasiswa semester 7 jurusan komunikasi di salah satu universitas di Tangerang yang mulai memelihara kucing sejak pandemi berlangsung.

"Memang dari lama sudah pengen pelihara kucing karena suka sama kucing. Hanya saja baru berkesempatan pelihara kucing liar sejak pandemi, itupun supaya mama enggak bosan di rumah sendirian kalau anak-anak lagi sekolah dan papa kerja," ungkapnya kepada merahputih.com.

Meski sudah memelihara tiga kucing liar, Raja masih sering memberi makanan pada kucing-kucing liar lainnya di sekitar rumah. Kucing-kucing yang ada di rumahnya pun meramaikan suasana rumah dan dirawat bersama dengan ibu dan kedua adiknya.

Baca Juga:

Sosok Jagoan Negeri Aing di Balik Aksi Sosial Berbagi Nasi Gratis di Nusa Dua Bali

"Kalau kucing gue kan kadang makannya harus makanan mahal, emang kucing gue tuh lidahnya sok sultan, dikasih yang murah gamau. Nah, jadinya makanannya itu dikasih sama kucing liar lain biar abis, sayang juga kan kalau dah beli enggak habis," paparnya.

Terlalu sering diberi makan, hewan liar bisa menjadi peliharaan. (Foto: Unsplash/Little Plant)

Raja juga menceritakan pengalaman uniknya saat memberi makan kucing liar. Ternyata karena terlalu sering diberi makan, kucing tersebut malah menjadi hewan peliharaannya. Kucing selalu ingat siapa yang memberi mereka makan, sehingga jika kamu cukup sering melakukannya mereka akan terus menghampirimu dan bahkan akan mengikutimu saat kamu berjalan keluar.

Untuk memberi makan hewan liar, kamu bisa mulai melakukannya dengan memberikan makanan sisa punyamu atau hewan peliharaanmu seperti yang dilakukan Raja. Langkah kecil ini tentunya harus diperhatikan karena tidak semua makanan sisa kita boleh diberikan kepada kucing. Misalnya seperti makanan pedas, duri ikan, atau tulang karena itu akan melukai mereka.

Raja menjelaskan biasanya dia memberikan kucing liar makanan sisa yang dia kasih untuk kucing yang ada di rumahnya. Dia juga membeli sendiri makanan untuk kucing dengan menyisihkan sedikit dari penghasilannya. Kecintaannya terhadap kucing bahkan sampai membiarkan kucingnya melahirkan di rumahnya dan kemudian anak kucing tersebut dirawat sendiri.

"Kalau habis lahiran, anaknya enggak bakal gue kasih ke orang, kecuali emang udah kebanyakan banget sampai tidak bisa diurus baru akan ada niat untuk dikasih ke orang. Itupun paling ke saudara doang, jadi tidak akan dijual," tutupnya. (tel)

Baca Juga:

Pengawal Ambulans Negeri Aing, 'Gas' Terus Selama Sirine Berbunyi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tampil Stand Out saat Lebaran Tanpa Terkesan Berlebihan
Fashion
Tampil Stand Out saat Lebaran Tanpa Terkesan Berlebihan

Di perayaan lebaran kali ini, nampaknya semakin banyak muslim yang mengekspresikan fashion mereka.

Elon Musk Tidak Tertarik dengan Teknologi Metaverse dan Web3
Fun
Elon Musk Tidak Tertarik dengan Teknologi Metaverse dan Web3

Bagi Musk tidak ada hal menarik pada Metaverse dan Web3.

Begini Mengatur Muatan Mobil untuk Mudik Lebaran
Fun
Begini Mengatur Muatan Mobil untuk Mudik Lebaran

Kenali tips mengatur muatan mobil untuk mudik lebaran, agar perjalanan aman dan nyaman

BLACKPINK akan Menghadiri Paris Fashion Week 2021
ShowBiz
BLACKPINK akan Menghadiri Paris Fashion Week 2021

Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo dilaporkan akan menghadiri Paris Fashion Week 2021.

Ukraina Bentuk Tentara Siber untuk Lawan Serangan Dunia Maya Rusia
Hiburan & Gaya Hidup
Ukraina Bentuk Tentara Siber untuk Lawan Serangan Dunia Maya Rusia

Ukraina juga meminta bantuan para peretas untuk melindungi dari serangan Rusia.

Vina Panduwinata dan Loka Manya Prawiro Hadirkan Single 'Perpisahan'
ShowBiz
Begini Posisi Berkendara Sepeda Motor yang Aman dan Nyaman
Fun
Begini Posisi Berkendara Sepeda Motor yang Aman dan Nyaman

Kenali posisi yang aman dan nyaman dalam berkendara sepeda motor

Cantik Alami dengan Mentimun
Fun
Cantik Alami dengan Mentimun

Mentimun sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan.

Stephen Wilhite, Kreator Gambar GIF, Tutup Usia
Fun
Stephen Wilhite, Kreator Gambar GIF, Tutup Usia

Meninggal karena komplikasi penyakit yang diikuti COVID-19.

Setia Banget, 4 Zodiak ini Layak Dipertahakan
Fun
Setia Banget, 4 Zodiak ini Layak Dipertahakan

Mereka siap menemani dan mendukungmu kapan saja.