Yuk, Kenalan Sama Enola Holmes Enola Holmes telah tayang 23 September 2020 lalu. (Foto Netflix)

ENOLA Holmes merupakan film terbaru Netflix yang berkaitan dengan cerita detektif fiktif berotak abu-abu asal Inggris, yaitu Sherlock Holmes. Meski gemar membaca novel karangan Sir Arthur Conan Doyle, menonton film Sherlock Holmes versi Robert Downey Jr atau menyukai serial TV Sherlock yang diperankan Benedict Cumberbatch, pasti kamu akan asing dengan kehadiran adik perempuan Sherlock dan Mycroft yang bernama Enola.

Nah, agar tidak bingung ketika menonton film Enola Holmes yang rilis 23 September 2020 di Netflix, kenalan dulu yuk. Ini 3 fakta seputar karakter Enola Holmes.

BACA JUGA:

Berani Nonton Serial Netflix 'The Haunting of Bly Manor' Sendirian?

1. Bukan karakter ciptaan Sir Arthur Conan Doyle

3 Sneakers Terbaik Jordan Holiday 2020 Retro Collection
Sherlock Holmes merupakan detektif karangan Sir Arthur Conan Doyle. (Foto Penguin Random House)

Dilansir Vulture, dari 56 cerita pendek original serta keempat novel yang ditulis Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock Holmes hanya memiliki satu saudara kandung, yaitu Mycroft. Mycroft merupakan saudara laki-laki yang lebih tua daripada Sherlock. Ia hanya muncul dalam tiga cerita, antara lain The Greek Interpreter, The Bruce-Partington Plans, dan The Final Problem.

Enola Holmes merupakan karakter adik perempuan terkecil Sherlock dan Mycroft yang diciptakan Nancy Springer. Enola pertama kali hadir di novel yang dirilis pada 2006 berjudul The Case of the Missing Marquess. Karakter yang pintar dan bersemangat ini tumbuh menjadi detektif muda dengan spesialisasi kasus mencari orang hilang.

2. Perbedaan karakter Enola di novel dan di film

Enola Holmes bisa menjadi film keluarga yang menghibur. (Foto NME)
Enola Holmes bisa menjadi film keluarga yang menghibur. (Foto NME)

Film Enola Holmes yang baru saja tayang di Netflix dua hari lalu ternyata tidak sepenuhnya serupa dengan versi novelnya. Pada buku The Case of the Missing Marquess, ibunda Enola telah menghilang saat Enola berulang tahun ke-14. Meski begitu, film Enola Holmes mengganti usia Enola menjadi 16 tahun. Bbisa jadi hal itu untuk menyesuaikan dengan usia Millie Bobby Brown, pemeran karakter Enola yang berusia 16 tahun pada 19 Februari lalu.

Perbedaan kedua terletak pada kemampuan Enola dalam bertarung. Dalam film, Enola dilatih untuk menjadi petarung yang andal oleh ibunya. Meski begitu, karakter Enola yang ditampilkan pada novel Nancy Springer tidak menyebutkan bahwa Enola bisa bertarung dengan baik.

BACA JUGA:

3 Sneakers Terbaik Jordan Holiday 2020 Retro Collection

3. Hubungan Enola dengan Sherlock Holmes

Enola lebih dekat dengan Sherlock dalam film. (Foto Forbes)
Enola lebih dekat dengan Sherlock dalam film. (Foto Forbes)

Pada awalan novel The Case of the Gypsy, Sherlock bisa dibilang sering meremehkan adik perempuannya itu. Buku-buku Springer cukup menggambarkan sosok Sherlock yang sering mengabaikan perempuan. Meski begitu, hubungan Enola dengan Sherlock terlihat sangat baik di Enola Holmes garapan Netflix.

Enola terlihat lebih menyukai Sherlock ketimbang Mycroft. Terlebih, Sherlock terlihat seperti sosok kakak yang sangat baik dan peduli kepada Enola. Sherlock terlihat jarang merokok, menggunakan narkotika (kokain), dan sangat murah senyum ketimbang Sherlock yang kita kenal di novel, film, maupun serial TV. Dr Watson selaku rekan dan sahabat satu-satunya Sherlock pun tidak terlihat sekali pun di film Enola Holmes. Padahal, mereka biasanya selalu bersama. Bahkan, Enola dan Watson juga pernah bekerja sama dalam novel The Case of the Bizarre. (SHN)

BACA JUGA:

Seseru apa sih Film 'Enola Holmes'?


Tags Artikel Ini

shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH