Siapa Sebenarnya Suliono, Sang Penyerang Gereja St Lidwina? Ini Pengakuannya Suasana di Gereja Sta Lidwina Bedok, Sleman pascapenyerangan (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Polisi telah memintai keterangan Suliono, sang pelaku penyerangan jemaat dan pastor di gerej St Lidwina, Sleman, Yogyakarta, Minggu (11/2). Menurut Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto, Suliono diduga telah mempelajari paham radikal dari kelompok di Sulawesi Tengah. Diduga Suliono mendapatkan ilmu paham radikal saat masih bersekolah SMA di Morowali dan berkuliah di Palu.

Kala itu dia mengikuti kegiatan bersama organisasi keagamaan. ”Dari situlah dia belajar akidah yang berbeda pemahaman,” terangnya.

Suliono memang sempat mondok di sebuah pesantren di Magelang. Tapi menurut Setyo, pendidikan di pesantren tersebut tak diikuti Suliono hingga lulus.

Selain itu, kata Setyo berdasarkan pengakuan pelaku, Suliono juga kerap mempelajari paham yang keliru dari internet. Hingga akhirnya dia muncul keinginan dari dirinya untuk melakukan serangan di gereja St Lidwina, Yogyakarta.

"Kami menduga Suliono ini lone wolf," kata Setyo. Seperti diketahui, sebelum menyerang gereja St Lidwina, Suliono sempat menginap selama tiga hari di sebuah musala yang tak jauh dari gereja. (*)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH