Siapa Sangka Hal Ini Buat Kulitmu Keriput Dini Keriput bisa muncul karena beberapa faktor. (Foto: Pixabay/analogicus)

Seiring berjalannya waktu, kita pasti mengalami kerut di wajah. Tetapi kerutan bisa saja muncul sebelum waktunya. Sebagian orang bahkan mengalaminya di usia 20-an. Banyak faktor mengapa hal itu terjadi. Bisa jadi karena makanan yang biasa kamu konsumsi.

Melansir dari mayoclinic.org, kerutan adalah garis dan lipatan bertekstrur di permukaan kulit wajah. Beberapa kerutan akan membuat celah tersendiri seperti di sekitar mata, mulut, dan leher. Penurunan produksi minyak alami akan membuat permukaan kulit semakin kering dan membuatnya tampak lebih keriput. Nah, berikut ini penyebab keriput yang jarang diketahui orang.

Baca juga:

Biar enggak bingung, Kenali Dulu nih Istilah dalam Dunia Kecantikan

1. Sinar UV

Sinar UV sangat berbahaya bagi kulit. (Foto: Pixabay/pixels2013)
Sinar UV sangat berbahaya bagi kulit. (Foto: Pixabay/pixels2013)

Radiasi ultraviolet mampu mempercepat proses penuaan pada kulit. Itulah sebabnya sinar UV disebut-sebut sebagai penyebab utama kerutan dini pada wajah. Paparan sinar ini akan memecah jaringan alami di dalam kulit dan merusak serat-serat kolagen. Akibatnya tidak ada yang mempertahankan elastisitas kulit. Semakin lama akan terlihat kendur. Mulailah rutin menggunakan sunblock untuk menahan paparan sinar UV.

Baca juga:

Manikur dan Pedikur Untuk Kecantikan Tangan dan Kaki

2. Rokok

Rokok akan merusak jaringan kulit. (Foto: Pixabay/geralt)
Rokok akan merusak jaringan kulit. (Foto: Pixabay/geralt)

Asap rokok dapat merusak jaringan luar kulit wajah. Selain itu asap yang masuk ke dalam tubuh bisa mengubah kadar pasokan darah seluruh tubuh terutama yang dibutuhkan oleh kulit. Rokok juga bisa menurunkan kandungan oksigen. Padahal keduanya berperan dalam produksi kolagen. Itu lah sebabnya kondisi kulit para perokok aktif terlihat lebih pucat dan kering.

3. Ekspresi

Tertawa berlebihan berpotensi mengendurkan otot wajah. (Foto: Pixabay/thisismyurl)
Tertawa berlebihan berpotensi mengendurkan otot wajah. (Foto: Pixabay/thisismyurl)

Siapa sangka? Ternyata terlalu berlebihan dalam berekspresi bisa memicu kerutan pada kulit. Jika kamu tertawa berlebihan atau sering mengernyitkan dahi, kemungkinan besar lapisan kulit wajahmu akan cepat berkerut secara permanen. Hal ini disebabkan oleh kendurnya otot wajah karena terlalu aktif bergerak. Kulit akan semakin cepat kehilangan kelenturan dan sulit sekali dikembalikan ke kondisi semula. (mar)

Baca juga:

6 Manfaat Mangga untuk Kecantikan



Muchammad Yani