Karier

Siapa Saja Bisa Naik Kelas Berkarier di Bidang Teknologi

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 25 Juli 2022
Siapa Saja Bisa Naik Kelas Berkarier di Bidang Teknologi
Tekad membuat kamu berkembang di bidang apapun. (Foto: Unsplash/Razvan Chisu)

TERTARIK bekerja di bidang teknologi? Coba periksa kembali apa latar belakang pendidikan kamu. Tidak perlu khawatir dengan apapun latar belakang kamu. Meski bukan lulusan IT, kamu tetap bisa berkarier di bidang teknologi.

Seiring dengan teknologi yang kini menjadi kebutuhan, bisnisnya pun berkembang dan permintaan untuk sumber daya manusia (SDM) meningkat. Maka dari itu, bekerja di bidang teknologi sangat menjanjikan.

Baca Juga:

Menjanjikan, 5 Jenjang Karier Perawat Selain di Rumah Sakit

Siapapun bisa bekerja di bidang teknologi asalkan memiliki tekad kuat untuk belajar. "Penting untuk mengembangkan kemampuan diri, belajar menambah skill, karena saat ini supply (SDM yang tersedia) di industri teknologi tidak terlalu banyak," ungkap Associate Director HRBP & Perfomance Fuse Sukmawati, dalam webinar bertajuk Career Development 101: Breaking into the Tech Industry seperti tertulis di siaran pers diterima merahputih.com.

Webinar tersebut diselenggarakan startup insurtech Fuse bersama platform pengembangan akademik Ruang Mahasiswa.

Latar belakang pendidikan apapun bisa bekerja di bidang teknologi. (Foto: Unsplash/Saulo Mohana)

Sukmawati menjelaskan bahwa industri teknologi tak melulu tentang coding atau pemrograman. Pencari kerja yang datang dari latar belakang pendidikan dan pengalaman non-teknologi bisa berkecimpung di bidang ini.

Misalnya, profesi product manager diisi oleh talenta yang berlatar belakang administrasi bisnis, ilmu manajemen ataupun manajemen produk. Seseorang dengan latar belakang ilmu komunikasi juga bisa menjadi seorang digital marketer atau SEO specialist.

Baca Juga:

Pertanda Kamu Tidak Bekerja Sesuai Passion

"Teknologi adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Untuk itu, kita perlu beradaptasi, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri. Untuk bisa bekerja di industri teknologi, harus belajar banyak hal baru," ujar perempuan lulusan Universitas Indonesia tersebut.

Tak lupa, ia menyarankan agar kamu mengikuti pelatihan dan webinar yang biasanya dihadirkan oleh lembaga atau intuisi untuk meningkatkan kemampuan di bidang teknologi.

Associate Director HRBP & Perfomance Fuse Sukmawati. (Foto: Fuse)

Selain meningkatkan kemampuan diri, Sukmawati juga memberikan tips bagi para pencari kerja untuk mempersiapkan diri. Beberapa di antaranya yakni melakukan riset terhadap perusahaan yang dilamar, mengerti lingkup kerja jabatan yang dilamar, serta mengetahui kelebihan dan kelemahan diri.

Kamu harus percaya dengan diri sendiri untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Pahami dan sayangi diri sendiri, ketahui kekuatan, dan kelemahan diri. "Kalau punya kekurangan, sebaiknya diperbaiki agar tidak stuck di titik itu," pungkasnya. (ikh)

Baca Juga:

Tren Mencari Pekerjaan Selama Masa Pandemi di Indonesia

#Juli Warga +62 Naik Kelas #Karier
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan