Musik
Siapa Rapper Terkaya di Dunia? Deretan rapper terkaya di dunia, ini dia juaranya. (Foto: Billboard)

RAP sudah jadi bagian penting dalam musik Amerika mulai dari tahun 1970an. Sejak itu, rap dan hip-hop jadi sesuatu yang meluas sampai ke seluruh dunia. Walaupun mungkin rapper kadang enggak sepopuler penyanyi, tapi bukan berarti mereka tidak mendapatkan lembaran uang yang banyak.

Justru para rapper ini membuktikan bahwa bakat mereka memang enggak main-main. Mampu membuat mereka jadi jutawan bahkan miliuner. Berikut lima di antaranya yang menyabet gelar rapper terkaya di dunia seperti dilansir dari laman Grunge.

Baca juga:

Siapa Rapper Terbaik Sepanjang Masa Menurut Snoop Dogg?

5. Eminem (Rp 3,27 triliun)

Siapa Rapper Terkaya di Dunia?
Sebagian besar kekayaannya berasal dari turnya. (Foto: Billboard)

Memulai kariernya pada tahun 1997 dengan berkompetisi di Rap Olympics Los Angeles, Eminem membuktikan bahwa ia pantas berada di industri ini.

Walaupun kalah dan duduk di posisi kedua, penampilannya mencuri perhatian beberapa eksekutif rekaman besar. Salah satunya mengirimkan demo Eminem pada Dr. Dre dan membuat perjalanannya dimulai.

Dari sana, Eminem telah memperoleh banyak prestasi impresif. Mulai dari rapper terlaris sepanjang masa, album hip-hop terlaris sepanjang masa, hingga artis musik terlaris ke-14 sepanjang masa. Dari penghargaan solonya, kekayaannya juga didapatkannya dari labelnya Shady Recrods yang memberi 50 Cent permulaan.

Selain itu, sebagian besar uangnya juga berasal dari turnya. Ia memperoleh total USD 20,4 juta (Rp 290 miliar) untuk pertunjukan dua malam di Inggris, Metlife Stadium, dan Monster Tour bersama Rihanna.

4. Dr. Dre (Rp 11,3 triliun)

Siapa Rapper Terkaya di Dunia?
Dr. Dre jago memproduseri musisi lain hingga terkenal. (Foto: respect-mag)

Siapa yang tak kenal Dr. Dre? Ia telah memproduseri nama besar dalam industri musik. Sebut saja Mary J. Blige hingga 2Pac dan dikreditkan sebagai orang yang meluncurkan karier Eminem.

Namun, sebelum menggunakan keahlian produksinya, ia ikut mendirikan Death Row Records dan menemukan ketenaran sebagai anggota grup rap gangsta NWA.

Lebih lanjut, Dre juga dikenal berkat kolaborasi headphone terlarisnya Beats by Dre. Semua hal ini akhirnya membuatnya mendapatkan predikat sebagai rapper terkaya tahun 2014. Meskipun saat ini dikalhkan rekan lainnya, urutan ketiga tetaplah sebuah pencapaian yang luar biasa.

3. P Diddy (Rp 12,8 triliun)

Siapa Rapper Terkaya di Dunia?
Label rekaman yang didirikannya membantu kesuksesan P Diddy. (Foto: National Post)

Di posisi ketiga ada P Diddy. Ia merupakan seorang rapper, eksekutif rekaman, dan pengusaha andal. Dipecat dari Uptown Record tidak menyurutkan semangatnya. Ia malah membuat label rekamannya sendiri bernama Bad Boy Entertainment pada usia 24 tahun.

Keberhasilan Diddy dengan labelnya, ditambah dengan album studionya yang mendapat ulasan positif membantunya mencapai status legendaris di komunitas hip-hop. Seperti rekan lainnya, Diddy juga enggak puas dalam karier musiknya.

Pria bernama asli Sean Love Combs telah menciptakan beberapa usaha yang sangat menguntungkan. Ia paling dikenal karena Ciroc vodka dan lini pakaiannya Sean John.

Baca juga:

3 Action Figure Rapper Terbaik Sepanjang Masa

2. Jay-Z (Rp 19,9 triliun)

Siapa Rapper Terkaya di Dunia?
Tidak hanya pandai bermusik, JAY-Z juga seorang pebisnis dengan visi yang baik. (Foto: KSAT)

Selain rapper berbakat, Jay-Z juga seorang pebisnis. Makanya enggak heran kalau dirinya jadi rapper terkaya kedua. Setelah memulai Roc-A Fella Recrods pada tahun 1995 dan merilis album platinum Reasonable Doubt setahun setelahnya, suami Beyonce itu segera terkenal.

Namun, keahliannya tidak hanya terletak pada musik. Ia memahami dunia bisnis sehingga membuatnya mendapatkan gelar miliarder pertama hip-hop pada tahun 2019 lalu.

Menurut BBC, sebagian besar kekayaan Jay-Z berasal dari properti investasinya di Los Angeles dan New York, saham di layanan musik Tidal, saham Uber, katalog musik, dan saha, di Armand de Brignac champagne dan D'Gunakan cognac.

1. Kanye West (Rp 25,6 triliun)

Siapa Rapper Terkaya di Dunia?
Kekayaan Kanye West berasal dari lagu-lagu dan kerjasamanya dengan berbagai merk. (Foto: Page Six)

Gelar rapper terkaya di dunia jatuh pada Kanye West. Semua terjadi berkat sembilan album studio dan tiga album kolaborasi serta berbagai produksinya untuk artis lain.

Bahkan saking kayanya, kekayaan bersihnya jadi perdebatan. Pada awal 2021, Bloomberg, merilis artikel mengenai kesepakatan kerjasamanya dengan Gap yang membuatnya berpotensi bernilai hampir USD 5 miliar (Rp 71,2 triliun) sehingga membuat kekayaannya menjadi USD 6,6 miliar (Rp 94 triliun).

Namun, Forbes mengatakan kekayaan bersihnya sebesar USD 1,8 miliar (Rp 25,6 triliun). Alasannya, mereka menghitung kekayaan bersih West saat penulisan, bukan berdasarkan kesepakatan yang akan datang.

Meskipun begitu, dengan atau tanpa kerjasamanya mendatang, mantan Kim Kardashian itu tetaplah rapper terkaya di dunia saat ini. (sam)

Baca juga:

Siapa Saja Rapper Terbaik Menurut Eminem?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Power Ranger Universe Menghadirkan Semua Karakternya
ShowBiz
Power Ranger Universe Menghadirkan Semua Karakternya

Mighty Morphin Power Rangers adalah serial adaptasi pertama yang dipublikasikan oleh Saban di 90-an.

Tampilan Window 11 Bocor
Hiburan & Gaya Hidup
Tampilan Window 11 Bocor

Microsoft telah mengabarkan akan membuat sebuah acara pada 24 Juni, untuk berbicara tentang 'generasi Windows berikutnya'.

Episode 7 ‘Hospital Playlist 2’ Ditunda Sementara
ShowBiz
Episode 7 ‘Hospital Playlist 2’ Ditunda Sementara

Para pemain dan kru memutuskan untuk rehat sejenak.

Ingin Tampil Vintage? Contek 4 Gaya Selebriti Hollywood Era 90-an
Fashion
Ingin Tampil Vintage? Contek 4 Gaya Selebriti Hollywood Era 90-an

Ada juga tampilan dari Jennifer Aniston dan Jennifer Lopez

Doodling Ternyata Lebih dari Mengusir Rasa Bosan
Fun
Doodling Ternyata Lebih dari Mengusir Rasa Bosan

Kamu bisa mengekspresikan diri lewat corat-coret.

3 Perilisan Sneakers Paling Ditunggu-Tunggu Pada 2021
Fashion
3 Perilisan Sneakers Paling Ditunggu-Tunggu Pada 2021

Mulai dari Yeezy sampai Air Jordan

Master Musik Dijual Scooter Braun, Taylor Swift Ngamuk
Hiburan & Gaya Hidup
Master Musik Dijual Scooter Braun, Taylor Swift Ngamuk

Ini kali kedua musiknya dijual tanpa sepengetahuan Taylor Swift.

Tren Obati Jerawat dengan Air Garam Laut, Begini Tanggapan Dermatologi
Fun
Seru Rayakan Halloween #DiRumahAja
Fun
Seru Rayakan Halloween #DiRumahAja

Enggak ada salahnya ikut dalam keseruannya.

4 Keterampilan ini Dibutuhkan untuk Literasi Anak
Fun
4 Keterampilan ini Dibutuhkan untuk Literasi Anak

Ajarkan literasi kepada anak sejak dini.