Siapa Penyandera Tiga WNI di Filipina

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 27 Juni 2016
Siapa Penyandera Tiga WNI di Filipina
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Foto: Facebook)

Merahputih Nasional- Pemerintah melalui Panglima TNI Gatot Nurmantyo memastikan telah mengetahui keberadaan sejumlah sandera WNI yang diculik kelompok bersenjata di perairan Sulu Filipina beberapa waktu lalu.

Gatot mengatakan empat sandera diketahui berada di Kepulauan Jolo, sementara tiga lainnya belum dapat dipastikan.

"Sementara yang bisa dimonitor ada empat orang, berada di Pulau Jolo terpisah dengan sandera yang lainnya," ungkap Palima TNI, di Mabes TNI, Jakarta Timur, Senin (27/6).

Berdasarkan informasi, Katanya keempat WNI disandera oleh kelompok Al-Habsyi dan meraka meminta tebusan uang sekira Rp65 miliar.

Sementara tiga sandera lainnya belum diketahui pasti keberadaannya, siapa dan apa keinginan penyandera. Sebab, belum ada tuntutan yang datang dari kelompok ini.

Jenderal Gatot menjelaskan, penyandera diduga merupakan dua kelompok bersenjata yang berbeda. Kelompok pertama telah diketahui bernama Al-Habsyi sementara kelompok yang kedua masih terus diselidiki. "Satu lagi belum diketahui dan masih kami cek terus keberadaannya," ujarnya.

Untuk itu, Pemerintah akan terus berkomunikasi dengan Pemerintah Filipina untuk mencari solusi atas insiden tersebut. Saat ini, katannya komunikasi masih di tingkat Menteri Luar Negeri kedua negara. Setelah itu, pembicaraan akan berlanjut ke tingkat Menteri Pertahanan dan Panglima Tentara kedua negara.

Sebelumnya dikabarkan pada tanggal 20 Juni 2016, 7 WNI diculik kelompok bersenjata di perairan Sulu Filipina. Diduga ada dua kelompok bersenjata yang berbeda pada saat terjadi penyanderaan kapal membawa 13 orang ABK WNI, 7 disandera dan 6 lainnya dibebaskan.

BACA JUGA:

  1. Menlu: 7 WNI Disandera Milisi Bersenjata Filipina
  2. Peran Tim Surya Paloh Bebaskan 10 Sandera Abu Sayyaf
  3. 10 WNI Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf
  4. 10 WNI Disandera, DPR Desak Pemerintah Tak Penuhi Permintaan Abu Sayyaf
  5. 10 WNI Disandera Abu Sayyaf, Menlu: Keselamatan Mereka Prioritas Kami

 

#Gatot Nurmantyo #Panglima TNI #Penyanderaan WNI
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan