Siapa Olga Ladyzhenskaya? Orang yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 07 Maret 2019
Siapa Olga Ladyzhenskaya? Orang yang Jadi Google Doodle Hari Ini
Olga Ladyzhenskaya (Sumber: Google)

HARI ini, Kamis (7/3) tampilan Googe sedikit berbeda. Ada sesosok wajah perempuan yang muncul di tengah huruf 'O'. Di bawahnya tampak rumus matematika. Ternyata Google sengaja membuat doodle untuk merayakan ulang tahun Olga Ladyzhenskaya ke-97.

Tapi siapa sebenarnya Olga Ladyzhenskaya? Sosok ini memiliki nama lahir Olga Aleksandrovna Ladyzhenskaya, yang lahir di Kologriv, Rusia, 7 Maret 1922 dan meninggal di Saint Petersburg, 12 Januari 2004 di usia 81 tahun. Ia dikenal sebagai matematikawan dunia.

Karya yang paling terkenal adalah persamaan diferensial parsial (terutama masalah ke-19 Hilbert) dan dinamika fluida. Olga memberikan bukti pertama tentang konvergensi metode beda hingga persamaan Navier-Stokes. Atas karyanya itu, ia berkontribusi untuk kemajuan berbagai bidang seperti ramalan cuaca, aerodinamika hingga oseanografi.

1. Sempat dilarang masuk Universitas Leningrad

 Olga Ladyzhenskaya (Sumber/ResearchGate)
Olga Ladyzhenskaya (Sumber/ResearchGate)

Satu hal yang menarik dari kehidupan Olga Ladyzhenskaya yakni saat ia dilarang oleh pemerintah untuk masuk universitar ternama Lenigrad. Hal tersebut karena sang ayah, Aleksandr Ivanovich Ladýzhenski dianggap sebagai Soviet yang kala itu dipimpin oleh Joseph Stalin.

Pada tahun 1937, Aleksandr Ivanovich Ladýzhenski, yang juga seorang matematikawan ditangkap oleh NKVD (Komisariat Rakyat untuk Urusan Dalam Negeri atau penegak hukum rahasia Soviet). Setelah penangkapan ia kemudian dibunuh.

Penangkapan sang ayah membuat keluarga Olga jatuh miskin. Bahkan mereka harus menjual pakaian, sabun hingga sepatu untuk memeuhi kebutuhan hidup. Olga juga dilarang masuk Universitas Linggrad karena nama keluarganya.

2. Melanjutkan studi setelah kematian Stalin

 Olga Ladyzhenskaya (Sumber/Devdiscourse)
Olga Ladyzhenskaya (Sumber/Devdiscourse)

Selama masa pemerintahan Stalin ia menjadi pengajar matematika di sekolah menengah. Olga bisa melanjutkan studinya di Universitas Moskow setelah kematian Stalin di tahun 1953. Selain itu ia juga menerima gelar doktor dari Universitas Leningrad.

Olga Ladyzhenskaya kemudian mengajar di departemen fisika, Universitas St. Petersburg. Ia juga mengajar di Institut Steklov. Semasa ia mengajar, Olga membuat penelitian tentang persamaan diferensial dan membuktikan bagaimana variabel saling berhubungan di ruang dan waktu.

3. Kehidupan masa tua

 Olga Ladyzhenskaya (Sumber/Google)
Olga Ladyzhenskaya (Sumber/Google)

Olga mengabdikan hidupnya untuk matematika. Ia menjabat sebagai kepala laboratorium fisika matematika di Institit Steklov. Kemudian diangkat sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia di tahun 1981 dan menjadi anggota penuh tahun 1990.

Semasa hidupnya ia telah menulis lebih dari 250 makalah. Ia juga diakui oleh lembaga internasional melalui penganugerahan Medali Emas Lomonosov oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia tahun 2002. Ia juga masuk dalam nominasi calon penerima Mendali Fields tahun 1958. Meskipun akhirnya diberikan kepada Klaus Roth dan René Thom.

#Google Doodle
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan