Headline

Siapa Olaudah Equiano yang Jadi Tema Google Doodle Hari ini?

Eddy FloEddy Flo - Senin, 16 Oktober 2017
Siapa Olaudah Equiano yang Jadi Tema Google Doodle Hari ini?
Olaudah Equiano tokoh anti perbudakan Nigeria (Foto: Screenshot google.co.id)

MerahPutih.Com - Halaman pertama Google pada hari ini Senin (16/10) terpajang doodle khusus seorang pria klasik sedang menulis. Pria itu diketahui bernama Olaudah Equiano. Ya, hari ini Google memperingati hari ulang tahun kelahiran Olaudah Equiano yang ke-272.

Siapa Olaudah Equiano itu? Olaudah Equiano atau yang lebih dikenal dengan nama Gustavus Vassa adalah seorang tokoh anti perbudakan di Inggris. Olaudah Equiano berasal dari Nigeria dan lahir pada tanggal 16 Oktober 1745.

Semasa hidupnya Olaudah Equino terlibat dalam gerakan anti perbudakan Afrika. Berkat gerakan itu khususnya di Inggris dikeluarkan dekrit anti perdagangan budak dalam bentuk Slave Trade Act 1807. Perjanjian itu sekaligus mengakhiri perdagangan budak Afrika di Inggris dan wilayah koloni Britania Raya lainnya.

Selama di London Olaudah Equiano mengambil bagian dalam kelompok Son of Africa dan menjadi pemimpin kelompok tersebut. Ia juga menulis beberapa buku terkait anti perbudakan untuk memberikan dorongan moral kepada kaum kulit hitam di Eropa.

Olaudah Equiano menikah dengan seorang wanita Inggris Sussanah Cullen dan memiliki dua putri dari pernikahan itu.

Karya-karya Olaudah Equiano dipublikasikan dalam bentuk buku dan artikel di surat kabar. Pada akhir abad ke-20, sejumlah karyanya dipublikasikan dalam edisi terbaru sebagai bahan rujukan seputar perbudakan di Afrika termasuk di negara asalnya Nigeria.

Salah satu keunggulan Olaudah Equiano adalah otobiografinya yang mengisahkan perjuangannya membebaskan diri dari perbudakan. Selain itu Olaudah Equiano menulis pelariannya dari seorang budak yang dijual sampai terdampar di Inggris.

Olaudah Equiano meninggal di London 31 Maret 1797 dalam usia 51 tahun. Peninggalannya sudah diabadikan lewat museum dan perpustakaan khusus di kota London, Inggris.

Atas jasa-jasanya dalam melawan perbudakan dan perdagangan budak, Olaudah Equiano hari ini menghiasi google doodle sekaligus peringatan ulang tahunnya yang ke-272.(*)

#Google Doodle #Tokoh Dunia #Nigeria
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan