Film

Siapa Georges Méliès, yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 04 Mei 2018
Siapa Georges Méliès, yang Muncul di Google Doodle Hari Ini
Goggle Doodle hari ini, Jumat (5/4)

ADA yang berbeda hari ini pada tampilan halaman utama Google. Tampak sesosok pria berkumis dalam bentuk animasi. Ia sedang memegang kamera. Di tengah gambar ada lingkaran bergerak yang membuat siapa saja ingin meng-kliknya. Jika kursor diarahkan, akan muncul tulisan "Celebrating Georges Méliès".

Tepat hari ini Google membuat Doodle untuk mahakarya Georges Méliès seorang pembuat film dan ilusionis terkemuka asal Perancis, À la conquête du pôle atau The Conquest of the Pole. Karya ini dibuat bulan Mei 1912.

Siapa Georges Méliès?

Pria kelahiran Paris, 8 Desember 1861 ini sangat berjasa dalam dunia perfilman. Méliès adalah pelopor penggunaan efek khusus dengan mengkombinasikan pengetahuannya di bidang sulap dan pembuatan film.

Alhasil film yang digarapnya bukan hanya sekadar gambar bergerak. Lebih dari itu, ia menampilkan film bernuansa ilusi. Ia bisa membuat pemeran muncul kemudian langsung hilang seketika, atau memotong bagian tubuh seakan itu nyata.

Ada banyak karya yang cukup populer, salah satunya adalah Le Voyage dans la Lune atau Perjalanan ke Bulan di tahun 1902. Film ini bisa dibilang ralaman masa depan karena saat itu pergi ke Bulan hanyalah angan-angan.

Georges Méliès (Sumber/Wikipedia)
Georges Méliès (Sumber/Wikipedia)

Proyek ini menjadi film paling kompleks yang dibuat oleh Méliès dengan durasi sekitar 20 menit. Sedangkan film pertama Méliès adalah dokumentasi pementasan teater Robert-Houdin.

Doodle virtual reality 360 derajat

Jika meng-klik gambar yang ada di halaman utama Google, kamu akan diarahkan ke video YouTube 360 derajat. Kamu bisa mengarahkan ponsel ke kanan dan kiri untuk melihat seluruh panggung pertunjukan.

Penampakan pada Goggle Doodle hari ini, Jumat (5/4) (Sumber/Google)
Penampakan pada Goggle Doodle hari ini, Jumat (5/4) (Sumber/Google)

Konsep virtual reality 360 derajat adalah yang pertama bagi Google dalam pembuatan Google Doodle. Video berdurasi 2 menit 10 detik ini diciptakan melalui kerja sama dengan Google Spotlight Stories, Google Arts & Culture, dan tim Cinémathèque Française.

Berdasarkan laman keterangan Google Doodle, cara terbaik menghormati jasa Méliès adalah dengan menghadirkan potongan-potongan filmnya dalam bentuk virtual reality. (yan)

#Google Doodle
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan