Siap-Siap Robot Mobil Polisi Mengejar Anda Mobil polisi yang ada dalam film Demolition Man (1993) yang menjadi inspirasi mobil polisi buatan Ford. (Foto: The Sun)

PRODUSEN mobil raksasa Ford tengah mempatenkan sistem artificial intelligence (AI) untuk mobil polisi.

Mobil tanpa pengemudi itu dibuat untuk mengejar pengemudi-pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas.

Salah satu fitur yang ada pada mobil polisi ini adalah sistem kamera dan wifi. Fitur itu akan melacak koneksi yang ada pada mobil yang dikejar untuk memberikan notifikasi pelanggaran. Mobil polisi ini bisa mengeluarkan peringatan atau tilang.

Ford
(Foto: Road & Track)

Fitur kamera digunakan untuk merekam berbagai aktivitas yang ada di jalan atau sebagai barang bukti. Dapat pula menjadi kamera pengintai untuk terduga penjahat. Mobil polisi ini dapat pula mengontak markasnya untuk meminta bala bantuan.

Mobil ini dapat berfungsi tanpa pengemudi di dalamnya, atau dengan polisi di dalamnya. Jadi petugas di dalamnya dapat mematikan sistem AI yang ada di dalam mobil.

Bentuk mobil polisi ini mengingatkan orang pada mobil polisi yang dipakai pada film Demolition Man (1993) yang dibaintangi oleh Sylvester Stallone, Sandra Bullock dan Wesley Snipes. Juga tentunya inspirasi datang dari karakter komik Robocop.

Dubai adalah kota yang kabarnya akan memasukan kekuatan AI ini dalam 25% anggota kepolisiannya di tahun 2030. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH