Musik

Siap-Siap Nonton American Music Awards 2021, Ketahui Dulu nih Fakta Menariknya

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 21 November 2021
Siap-Siap Nonton American Music Awards 2021, Ketahui Dulu nih Fakta Menariknya
Fakta-fakta menarik dari ajang American Music Awards. (Foto Instagram@amas)

AMERICAN Music Awards telah menjadi salah satu ajang penghargaan musik bergengsi di Amerika Serikat. Selama hampir lima dekade, AMAs telah mewarnai industri musik AS bahkan dunia. Setiap tahunnya, mereka selalu berhasil merayakan keberhasilan dan prestasi mengagumkan para musisi dari berbagai genre.

Tahun ini, American Music Awards digelar pada Minggu (21/11) malam waktu AS. Ajang yang bisa ditonton secara streaming di seluruh dunia ini akan dipandu rapper Cardi B. Nah, sebelum kamu nonton ajang ke-49 AMA, yuk kita ketahui dulu fakta menarik acara ini.

BACA JUGA:

Momen-Momen Kontroversial di Ajang American Music Awards

1. Sejarah awal

AMERICAN Music Awards
AMAs awalnya dibuat untuk menyaingi Grammy Awards.(Foto Instagram@amas)

American Music Awards awalnya dibuat Dick Clark pada 1973 untuk bersaing dengan Grammy Awards. Mereka melihat peluang tersebut ketika ABC kalah dengan CBS dan kehilangan hak mereka untuk menyiarkan Grammy. Demikian dilansir laman Portable Express.

Dalam menanggapi rencana tersebut, ABC menyewa megaproduser TV Clark untuk membuat ajang penghargaan saingan. Dari situlah American Music Awards lahir. Bedanya dengan Grammy, saat itu AMAs berfokus pada Top 40 dan musik rock.

2. Perubahan-perubahan besar

American music awards
Acara dipindah ke November untuk menghindari saingan.(Foto Instagram@amas)

Ada sejumlah perubahan besar yang terjadi dalam sejarah American Music Awards. Pertama dalam hal waktu penyelenggaraan acara. Seperti kebanyakan acara TV, AMAs diadakan awal tahun, tepatnya pertengahan atau akhir Januari. Namun, pada 2003, ABC memindahkannya ke November. Alasannya ialah mengurangi saingan arena. Biasanya tidak ada acara penghargaan besar di November.

Selain itu, dari segi pembawa acara juga berubah. Kalau tahun ini acara dipandu oleh Cardi B saja, pada tahun-tahun awal ada beberapa host untuk setiap genre musik. Jadi acara dibagi dalam beberapa bagian. Misalnya khusus untuk penghargaan pop, rock, dan country. Kemudian pada 2009-2012 sempat tidak ada pemandu acara sama sekali dan diganti dengan kehadiran beragam presenter. Baru kemudian sejak itu setiap tahunnya dipilih satu selebritas beruntung untuk menjadi host.

3. Keputusan pemenang

american music awrads
Pemenang ditentukan dari voting penggemar. (Foto Instagram@amas)

Tidak seperti Grammy Awards yang pemenangnya dipilih anggota National Academy of Recording Arts and Sciences, AMAs menggunakan suara penggemar. Memang pada awalnya nominasi dan pemenang ditentukan dari jumlah penjualan dan airplay. Namun sejak 2006, pemenangnya ditentukan dengan voting dari penggemar. Sementara itu, pemilihan nominasi tetap berdasarkan penjualan, pemutaran, aktivitas jejaring sosial, dan jumlah angka penonton video. Oleh sebab itu, fan sangat menentukan siapa yang pulang membawa piala.

4. Mulai inklusif

american music awards
Kemenangan musisi non-Amerika membuktikan inklusivitas AMAs. (Foto Instagram@amas)


Meskipun awalnya acara penghargaan ini dibuat untuk memberikan penghargaan bagi musisi Amerika Serikat saja, kini AMAs mulai inklusif. One Direction dari Inggris sempat dua tahun menerima penghargaan kategori artist of the year. Selain itu, hal ini juga semakin terasa ketika BTS dari Korea Selatan menjadi pengisi acara, nomine, dan pemenang beberapa kategori. Dengan melihat hal tersebut, American Music Awards telah berupaya menjadi lebih terbuka dengan prestasi musisi non-Amerika.(sam)

#Musik #American Music Award
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan