Siap-Siap, Indonesia Coffee Roasting Championship 2021 Digelar Juli ini

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 15 April 2021
Siap-Siap, Indonesia Coffee Roasting Championship 2021 Digelar Juli ini
Akan digelar pada 5 sampai 9 Juli 2021. (Foto: Unsplash/Tim Mossholder)

PARA pecinta kopi yang ingin berkompetisi tampaknya harus bersiap-siap, karena gelaran Indonesia Coffee Roasting Championship (ICRC) 2021 segera tiba. Ajang ini menjadi wadah untuk para barista, roaster kopi, dan ahli kopi di Indonesia untuk bersinar di kompetisi paling bergengsi di Tanah Air.

ICRC terakhir kali dihelat pada 24 sampai 27 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat bersamaan dengan pameran Food and Hotel Indonesia (FHI). Nah tahun ini, kompetisi yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) tersebut akan dihelat di Indonesia Coffee School, Baywalk Mall Pluit, Jakarta Utara pada 5 sampai 9 Juli 2021.

“Dikarenakan situasi pandemi ini, maka untuk kompetisi ICRC pengunjung hanya dibatasi untuk peserta, panitia, dan para juri saja. Kompetisi juga akan ditayangkan secara daring di YouTube,” kata Andrew Tandra selaku Ketua ICRC 2021.

Baca juga:

Pertama Di Asia, Cup of Excellence Siap Digelar di Indonesia Tahun ini

Siap-Siap, Indonesia Coffee Roasting Championship 2021 Digelar Juli ini
Diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan standar roaster di Indonesia. (Foto: Unsplash/Brent Gorwin)

Menurut Andrew, tujuan utama dari acara ini adalah meningkatkan kualitas dan standar roaster di Indonesia. Nantinya para pemenang kompetisi roasting akan dikirimkan ke World Coffee Roasting Championship, Taiwan, 19 sampai 22 November 2021

“Tahun ini juga merupakan tahun pertama pertandingan roasting akan di saksikan oleh World Coffee Event,” lanjutnya.

ICRC akan dibagi dalam tiga tahap yakni, Pre-Roasting Stage, Production Roasting Stage, dan Production Roast Evaluation.

Untuk Pre-Roasting Stage, tahap ini setiap kompetitor akan diberikan waktu 30 menit untuk mengevaluasi biji kopi mentah. Setelah itu akan diberikan waktu 30 menit sampai satu jam untuk melakukan roasting sample dengan mesin yang telah disediakan.

Baca juga:

ICE 2021 Dimulai, Para Barista Siap Bersaing Ketat

Siap-Siap, Indonesia Coffee Roasting Championship 2021 Digelar Juli ini
Para pemenang akan dikirim ke World Coffee Roasting Championship. (Foto: Unsplash/Tim Mossholder)

Di tahap Production Roasting Stage, para kompetitor akan diberikan kesempatan untuk melakukan roasting kopi single origin selama 30 menit dan blend selama satu jam. Dan di tahap Production Roast Evaluation, kopi yang telah di roasting oleh kompetitor akan di cup oleh juri secara double blind.

“Dikarenakan pandemi, juri yang bisa kita hadirkan hanya dari nasional saja, dan hanya lima juri yang dibutuhkan untuk kompetisi kali ini. Pendaftaran juri akan dibuka nanti pada awal Mei 2021,” ujar Andrew.

Para peserta atau roaster yang berpengalaman boleh ikut berkompetisi di ICRC 2021.

“Harapan saya supaya kualitas kita sebagai roaster di Indonesia itu meningkat dan dapat bersaing dengan juara-juara dari negara lain di World Coffee Roasting Championship,” tutup Andrew. (and)

Baca juga:

Inilah Pemenang Indonesia Aeropress Championship 2019 yang Akan Pergi Ke London

#Breaking #Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan