Siap-siap! Ada Versi Instagram untuk Anak-anak

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 19 Maret 2021
Siap-siap! Ada Versi Instagram untuk Anak-anak
Siap-siap! Ada Versi Instagram untuk Anak-anak. (Foto: unsplash/Alexander Shatov)

IDEALNYA, penggunaan aplikasi Instagram adalah anak berusia di atas 13 tahun. Oleh karena itu orangtua seharusnya turut memantau anak dalam menggunakan akun Instagram dan memastikan anak beradapada usia layak menggunakan aplikasi tersebut. Namun tak perlu khawatir, bagi yang masih berusia di bawah 13 tahun, Instagram sedang menyiapkan layanan media sosial khusus anak-anak.

Para eksekutif di Instagram berencana untuk membuat versi aplikasi berbagi foto populer yang dapat digunakan oleh anak-anak di bawah usia 13 tahun, menurut postingan internal perusahaan yang diperoleh oleh BuzzFeed News.

Vishal Shah, wakil presiden produk Instagram, dilaporkan mengumumkan inisiatif tersebut dalam postingan Facebook untuk karyawan pada hari Kamis (18/03). Ia juga mengatakan bahwa Instagram juga akan membangun versi Instagram yang aman bagi anak di bawah usia 13 tahun untuk pertama kalinya. Kebijakan Instagram saat ini melarang anak-anak di bawah usia 13 tahun untuk menggunakan layanan ini.

Baca juga:

Cari Lokasi Terdekat Vaksin COVID-19 Lewat Apple Maps

Menurut postingan tersebut, pekerjaan tersebut akan diawasi oleh Adam Mosseri, kepala Instagram, dan dipimpin oleh Pavni Diwanji, wakil presiden yang bergabung dengan perusahaan induk Facebook pada bulan Desember. Sebelumnya, Diwanji bekerja di Google, di mana ia mengawasi produk raksasa penelusuran yang berfokus pada anak-anak, termasuk YouTube Kids.

Pengumuman internal datang dua hari setelah Instagram mengatakan perlu berbuat lebih banyak untuk melindungi pengguna termudanya. Menyusul liputan dan kritik publik tentang pelecehan, penindasan, atau pemangsaan yang dihadapi oleh remaja di aplikasi, perusahaan tersebut menerbitkan entri blog pada hari Selasa berjudul "Terus Menjadikan Instagram Lebih Aman untuk Anggota Termuda di Komunitas Kita" menurut BuzzFeed News.

Siap-siap! Ada Versi Instagram untuk anak-anak. (Foto: unsplash/Alexander Shatov)
Siap-siap! Ada Versi Instagram untuk anak-anak. (Foto: unsplash/Alexander Shatov)

BuzzFeed News memperoleh pesan dari papan pesan internal di mana wakil presiden produk Instagram Vishal Shah mengatakan proyek "pilar pemuda" akan dijadikan prioritas oleh perusahaan. Grup Produk Komunitasnya akan fokus pada masalah privasi dan keamanan "untuk memastikan pengalaman yang paling aman bagi remaja," tulis Shah dalam postingan tersebut. Mosseri akan mengawasi proyek tersebut bersama dengan wakil presiden Pavni Diwanji, yang mengawasi YouTube Kids saat dia berada di Google.

Instagram menerbitkan posting blog awal minggu ini yang menjelaskan akan membuat platform aman bagi pengguna termuda, tetapi tidak menyebutkan versi baru untuk anak-anak di bawah 13 tahun.

Baca juga:

Twitter Uji Fitur Lihat Video YouTube secara Langsung

Menargetkan produk online untuk anak-anak di bawah 13 tahun tidak hanya dipenuhi dengan kekhawatiran tentang privasi, tetapi juga masalah hukum. Pada September 2019, Komisi Perdagangan Federal mendenda Google USD170 juta karena melacak riwayat penayangan anak-anak untuk menayangkan iklan kepada mereka di YouTube, yang merupakan pelanggaran Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak-Anak (COPPA). Prekursor TikTok Musical.ly juga didenda $ 5,7 juta karena melanggar COPPA pada Februari 2019.

Versi instagram untuk anak-anak akan segera hadir (Foto: unsplash/Solen Feyissa)
Versi instagram untuk anak-anak akan segera hadir (Foto: unsplash/Solen Feyissa)

“Semakin banyak anak yang bertanya kepada orangtua mereka apakah mereka dapat bergabung dengan aplikasi yang membantu mereka tetap terhubung dengan teman-teman mereka,” kata Joe Osborne, juru bicara Facebook dalam email ke The Verge.

“Saat ini tidak banyak pilihan untuk orangtua, jadi kami sedang berupaya membuat produk tambahan - seperti yang kami lakukan dengan Messenger Kids - yang cocok untuk anak-anak, dikelola oleh orangtua. Kami sedang menjajaki menghadirkan pengalaman yang dikontrol orangtua ke Instagram untuk membantu anak-anak tetap terhubung dengan teman-teman mereka, menemukan hobi dan minat baru, dan banyak lagi” lanjutnya.

Facebook meluncurkan versi platform obrolan Messenger untuk anak-anak bebas iklan pada tahun 2017, yang ditujukan untuk anak-anak berusia antara 6 dan 12 tahun. Para pendukung kesehatan anak-anak mengkritiknya sebagai hal yang berbahaya bagi anak-anak dan mendesak CEO Mark Zuckerberg untuk menghentikannya.

Kemudian pada tahun 2019, bug di Messenger Kids memungkinkan anak-anak untuk bergabung dengan grup orang asing, meninggalkan ribuan anak dalam obrolan dengan pengguna yang tidak sah. Facebook diam-diam menutup obrolan tidak sah itu, yang dikatakan memengaruhi 'sejumlah kecil' pengguna. (Ans)

Baca juga:

Wikipedia akan Keluarkan Konten Versi Premium

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan