Siap Dilalui Arus Mudik, Jalur Sumatera-Jawa Masih Rawan Longsor

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 20 Juni 2016
Siap Dilalui Arus Mudik, Jalur Sumatera-Jawa Masih Rawan Longsor
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

MerahPutih Nasional- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan jalur Sumatera dan Jawa siap dilalui arus mudik, meskipun masih ada sejumlah titik rawan longsor yang perlu diantisipasi.

Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menilai sejumlah titik rawan terjadi longsor dan banjir tersebar di hampir separuh pulau Sumatera.

"Jalur Sumatera kondisinya secara umum siap dilalui arus mudik Lebaran. Namun masih ada beberapa lokasi yang perlu perhatian jalan lintas timur antara Betung dan Jambi. Titik rawan longsor, di Kabanjahe-Lawepekam, Tarutung-Sibolga, ruas Riau, Pekanbaru-Payakumbuh dan Pekanbaru-Jambi," ujar Basuki di Jakarta, Senin (20/6).

Sementara, untuk jalur mudik wilayah Jawa siap dilalui arus lebaran 2016. Hanya saja masih ada sejumlah jalan raya di Semarang yang perlu diperbaiki akibat sempat tergengan banjir rob beberapa waktu lalu. Diharapkan pengerjaannya selesai menjelang H-6 lebaran.

Selain itu, pihaknya juga telah mewaspadai lonjakan arus mudik di pulau Jawa. Guna menghindari terjadinya kepadatan kendaraan, Kementerian PU telah menambah ruas jalan tol di sejumlah lokasi, di antaranya di Pejagan, Brebes, Solo, dan Ngawi-Kertosono.

BACA JUGA:

  1. Antisipasi Banjir dan Longsor saat Mudik Lebaran, BNPB Akan Bagikan Peta Daerah Rawan
  2. Data BNPB: Bencana Longsor Paling Banyak Telan Korban Jiwa
  3. BNPB: 95 Persen Bencana Akibat Hidrometeorologi
  4. BNPB, Bersama Tim Gabungan Lakukan Pencarian Korban Bencana
  5. BNPB Keluarkan Peringatan Dini di Sejumlah Daerah

 

#Mudik Lebaran #Basuki Hadimuljono #Kementerian PUPR
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan