Musik

Siap Digelar, AMI Awards 2019 Usung Tema Musik Bahasa Dunia

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 08 Oktober 2019
Siap Digelar, AMI Awards 2019 Usung Tema Musik Bahasa Dunia
AMI Awards 2019 siap digelar November mendatang. (foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

AJANG Penghargaan tertinggi bagi industri musik Indonesia, yakni Anugerah Musik Indonsia (AMI Awards), kembali digelar Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI).

Seiring dengan usianya di 2019 yang telah memasuki tahun ke-22, YAMI berharap eksistensi yayasan ini bisa terus memberikan kontribusi nyata pada musik Indonesia. Untuk tahun ini, AMI Awards mengusung tema Musik bahasa dunia. Tema itu merupakan kesinambungan dari tema-tema di tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Twice Duduki Puncaki Penjualan Album Digital Seluruh Dunia

Pada 2016, AMI Award membawa tema Music is my identity, musik sebagai identitas bangsa. Setelah itu, dilanjutkan dengan tema Musik tanpa batas pada 2017, saat era digital semakin berkembang dan masyarakat bisa menikmati musik secara fleksibel di mana pun, kapan pun, dan dengan cara apa pun.

Kemudian di 2018, AMI Awards mengangkat tema Satu musik Indonesia. Tak ada lagi pemisahan antara musik di ranah mainstream dan side stream. Semua musik punya kesempatan yang sama dinikmati dalam satu layanan digital.

Tema tahun ini diusung setelah AMI mengamati karya-karya musisi Indonesia yang semakin meningkat secara kualitas, serta bisa bersaing dengan karya musisi luar negeri bahkan dinikmati penggemar musik di mancanegara.

Selain itu, generasi X dan Y yang mempunyai aspirasi besar di bidang musik juga semakin mendapatkan kesempatan lebih mudah untuk mengeksplorasi musik, bahkan berkolaborasi dengan musisi dan produser mancanegara.

AMI AWARDS
Tema tahun ini berkesinambungan dengan tahun sebelumnya. (foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Pilihan dalam menciptakan musik dalam bahasa Inggris juga memberi peluang musik mereka dinikmati secara internasional. Tak ayal jika dalam layanan musik digital secara streaming, karya musik dari Indonesia bisa jadi dalam satu daftar putar dengan karya musisi internasional.

Selain itu, keberanian mengusung bahasa daerah dalam karya musik anak bangsa juga patut diapresiasi. Hal itu membuktikan bahwa musik sebagai bahasa dunia bisa dinimati tanpa batas secara universal.

Dengan perubahan yang siginifikan pada industri musik di era digital saat inilah, YAMI berkomitmen untuk berkiprah lebih aktif demi memberikan kontribusi pada kemajuan industri musik Indonesia. Hal itu terwujud dalam peningkatan berbagai aspek baik secara kualtias maupun kuantitas.

Terkait dengan penyeleksian karya, YAMI saat ini berupaya terus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas anggotanya. Saat ini, sudah ada 2.754 peserta yang tergabung di AMI. Dalam hal ini, ada dua keanggotaan di YAMI yaitu anggota reguler dan anggota swara.

Untuk anggota reguler, mereka mempunyai hak untuk menentukan para calon nominasi. Sementara itu, anggota swara ialah para pelaku industri musik, seperti komposer, produser, penata musik, dan sebagainya. Mereka dipilih berdasarkan seleksi yang ketat dan kompeten. Karena merekalah yang mempunyai hak menentukan calon nominasi dan penerima penghargaan AMI.

AMI AWARDS
AMI Awards 2019 siap digelar 28 November. (foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Dari mulai periode Juli 2018-Juni 2019, semua data yang masuk dikumpulkan, kemudian diadakan sidang kategorisasi. Itu merupakan kegiatan untuk menempatkan semua lagu pada genrenya masing-masing dan sekaligus menentukan kategorisasi.

Terkait dengan gelaran AMI Awards 2019, Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia Dwiki Dharmawan mengaku telah bekerja keras agar seluruh prosesnya dijalankan dengan fair.

"Kami sudah bekerja keras meningkatkan layanan, semoga semua proses bisa dijalankan secara fair, transparan, dan berintergritas. Sehingga hasilnya nanti dapat dipertanggungjawabkan kepada publik," ucap Dwiki saat ditemui Merahputih.com di Kawasan Sarinah, Jakarta, Selasa (8/10).

Nantinya, Gelaran Ajang penghargaan musik bergengsi AMI Awards 2019 akan diadakan pada 28 November 2019. Kamu bisa langsung menyaksikannya secara live di RCTI. (Ryn)

BACA JUGA: Adu Peran dengan Shandy Aulia, Dodit Mulyanto Merasa Tahu Diri

Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan