Siap Bergulir Konsisten, Synchronize Festival 2022 Umumkan Lineup Penampil Synchronize Festival 2022 akan digelar offline 7-9 Oktober 2022. (Foto: merahputih.com/Albi)

SETELAH penantian selama hampir tiga tahun, Synchronize yang sempat berhenti digelar karena pandemi COVID-19 akhirnya kembali siap dilaksanakan di 2022. Momen yang begitu dinanti para pendengar, penikmat, dan pencinta musik Tanah Air akhirnya datang juga, rencananya gelaran tiga hari ini akan dihelat di Gambir Expo Kemayoran, 7-9 Oktober 2022.

Sebanyak 126 penampil pertunjukan yang datang dari berbagai genre, generasi, selama tiga hari berturut-turut, dan yang terpenting, akan mengguncang panggung Jakarta. Perayaan kembalinya festival musik yang tahun ini menggemakan tema 'Lokal Lebih Vokal' itu akan menghadirkan berbagai musisi baru pula.

Nantinya akan tampil sejumlah nama besar nan legendaris, seperti Agnez Mo, Ahamd Band, Cokelat, Potret, Kahitna, Radja, Deadsquad feat. Isyana Sarasvati, Erwin Gutawa & 3Diva (Krisdayanti, Titi DJ, Ruth Sahanaya). Mereka akan memberikan penampilan istimewa di salah satu dari enam panggung yang akan berdiri di Gambir Expo Kemayoran.

Selain nama-nama besar itu, ada pula ratusan penampil lainnya yang telah dikonfirmasi menjadi bagian dari perayaan festival musik yang sukses menjadi 'game changer' dalam kancah industri pertunjukan musik di Indonesia.

Sederet nama-nama istimwewa lain di antaranya, seperti Denny Caknan, David Bayu, Alam Mbah Dukun, President Jancukers alias Sudjiwo Tedjo, Senyawa, Gabber Modus Operandi, Voice of Baceprot, OM New Pallapa, The Groove Bersama Rieka Roslan, hingga Yuke Sampurna dan Ali Akbar yang akan merayakan 25 tahun perjalanan mereka dengan penampilan reuni.

Baca juga:

Synchronize Fest di TV Nasional? Ini Tanggapan Para Penikmat Musik

Tim panitia Synchronize Festival 2022. (Foto: merahputih.com/Albi)

Nantinya kamu juga akan bisa menyaksikan spesial dari Payung Teduh X Pusakata dengan kembalinya Mohammad Istiqamah Djamad, sang vokalis yang akan tampil bersama Payung Teduh pertama kalinya dalam satu panggung.

Sementara itu, berbagai proyek kolaborasi musik secara khusus juga telah dipersiapkan untuk memeriahkan Syncrhonize Festival 2022, seperti Dipha Barus bersama Bahana Bintang, Orkestra Nasida Ria bersama Tjut Nyak Deviana, Jhonny Iskandar bersama Orkes Nunung Cs, dan Down for Life X Gondrong Gunarto yang akan menampilkan kolaborasi musik metal dengan gamelan.

Ada pula proyek supergroup yang digagas oleh Synchronize Fest yang menampilkan Oslo Ibrahim, Romantic Echoes, Bilal Indrajaya, Morad & The Band, hingga Pergelaran Swara Gembira untuk Guruh Sukarno Putra yang secara spesial akan memberikan pertunjukan musik, tari, dan busana dengan set super megah.

Puncak kolaborasi yang pantang dilewatkan adalah pentas Spirit of Data Puspita bersama Fleur! yang menjadi penanda pertama kalinya grup garage rock legendaris tampil dengan personel lengkap setelah 50 tahun.

Kuartet Titiek A. R., Lies A. R., Titik Hamzah, dan Susy Nander, akan tampil bersama berbagai musisi perempuan hebat hari ini seperti Fleur!, Endah Widiastuti, Bonita, NonaRia, The Dare, MMS (Mela, Mar Sari), dan Rika Putrianjani.

Baca juga:

Synchronize Fest 2019 Mengangkat Tema Lingkungan dan Kehidupan

Rekan media disambut dengan palang pintu sebelum memulai konferensi pers, Rabu (10/8). (Foto: merahputih.com/Albi)

"Menjadi sebuah proses yang sangat ditunggu-tunggu untuk bisa bertatap muka lagi dengan semua penikmat dan penggerak ekosistem musik Indonesia di Synchronize Festival 2022. Semua telah berubah dalam tiga tahun terakhir. Mari kita saling bahu membahu, untuk bergerak bersama-sama lagi," jelas David Karto selaku Festival Director.

Ia menambahkan bahwa Synchronize Festival sebagai salah satu gelaran paling dikenang dan dinanti, ingin memberi ruang bagi penikmat musik Indonesia untuk kembali ke akar, agar membuat sadar bahwa banyak sekali band dan talenta anak bangsa yang ada di sekitar kita.

"Hal ini sebagai penanda bagi kita untuk menjadikan musik Indonesia sebagai tuan rumah di negaranya sendiri," tambahnya.

Misi tongkat estafet regenerasi musisi penampil festival itu juga menjadi misi utama Synchronize Fest 2022, beberapa nama di antaranya, seperti Agatha Pricilla X Rayhan Noor, Ali, Asylum Uniform, BAP., Bleach, Daniel Dyonisius, Dirty Ass, Envy, Faye Risakotta, Lorjhu, Manjakani, Munhajat, Muram, Namoy Budaya, Perunggu, RL KLAV, dan lainnya.

Kamu juga akan akan menemukan Rub of Rub, Saturday Night Karaoke, Soegi Bornean, Swellow, Tabraklari, The Couch Club, The Dare, The Jansen, hingga The Rang-Rangs. Daftar lengkap penampil lainnya bisa kamu cek melalui situs web resmi www.synchronizefestival.com.

"Synchronize Festival merupakan festival yang paling dinantikan kehadirannya di Tanah Air. Meskipun hari ini baru kita umumkan line up lengkap musisinya, penjualan tiket festival selalu sold out dan hingga hari ini telah dipastikan lebih dari 50.000 orang akan hadir selama tiga hari dan akan terus bertambah jumlahnya hingga bulan Oktober," kata Aldila Karina selaku Communications Director. (waf)

Baca juga:

Dua Tahun Absen, Synchronize Fest Akan Hentak Jakarta di Oktober 2022

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Spotify Umumkan Musisi 'Rising Star' Indonesia
ShowBiz
Spotify Umumkan Musisi 'Rising Star' Indonesia

SALAH satu platform musik digital ternama Tanah Air, Spotify, baru-baru ini membagikan lima musisi Indonesia yang dinilai sebagai rising star.

4 Inspirasi Dekorasi Natal yang Cantik dan Menarik
Fun
4 Inspirasi Dekorasi Natal yang Cantik dan Menarik

Berikan dekorasi kecil di atas meja, depan pintu, dan railing tangga

BMW Tidak Tertarik Bikin Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh Panjang
Hiburan & Gaya Hidup
BMW Tidak Tertarik Bikin Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh Panjang

Kinerja baterai lebih penting daripada sekadar jarak tempuh.

Sejumlah Negara Tertarik Danai Film Tentang Pesantren
ShowBiz
Sejumlah Negara Tertarik Danai Film Tentang Pesantren

Film festival tentang pesantren didanai asing

Rasuna Said, Pahlawan Nasional yang Menjadi Google Doodle Hari Ini
Tradisi
Rasuna Said, Pahlawan Nasional yang Menjadi Google Doodle Hari Ini

Rasuna tumbuh menjadi sosok yang cerdas dan membuatnya terpilih jadi guru sekolah menengah di Padang Panjang yang mempunyai siswi perempuan hingga lebih dari 1.000.

Tips Memilih Sisir untuk Rambut Tipis dan Rontok
Fun
Tips Memilih Sisir untuk Rambut Tipis dan Rontok

Sisir rambut yang ideal adalah yang menggunakan campuran bahan alami dan sintetis.

Google Pixel Watch Dirumorkan Bakal Hadir di 2022
Fun
Google Pixel Watch Dirumorkan Bakal Hadir di 2022

Bocoran gambar yang diduga Google Pixel Watch terbaru sedikit memberi gambaran tentang jam tangan pintar tersebut.

Selain Makan dan Olahraga, Tidur juga Menentukan Keberhasilan Diet
Fun
Selain Makan dan Olahraga, Tidur juga Menentukan Keberhasilan Diet

Jika kamu tidak mendapatkan tidur yang dibutuhkan tubuh, otak kamu akan mencari energi di tempat lain.

Peluncuran Spotify HiFi Ditunda Hingga 2022, Ada Apa?
ShowBiz
Peluncuran Spotify HiFi Ditunda Hingga 2022, Ada Apa?

Platform musik digital, Spotify, tunda peluncuran Spotify HiFi hingga tahun depan

3 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja
Fun