Sia-Sia Cuci Muka Jika Punya Kebiasaan Seperti Ini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 04 September 2017
Sia-Sia Cuci Muka Jika Punya Kebiasaan Seperti Ini
Terlalu sering mencuci muka memicu iritasi. (Foto: littleindiadirectory.com)

MENCUCI muka menjadi hal sederhana yang dapat dilakukan jika ingin wajah bersih. Jika rutin dilakukan, selain bersih Anda juga bisa mencegah timbulnya jerawat pada permukaan wajah. Tunggu dulu, ternyata mencuci muka malah bisa menyebabkan jerawat muncul lho. Risiko ini terjadi jika Anda salah melakukannya. Kok bisa ya? Tentu bisa, alih-alih wajah menjadi bersih, Anda akan jerawatan jika kebiasaan mencuci muka seperti ini.

1. Terlalu cepat

Mungkin Anda menganggap cuci muka sepele. Jadinya Anda terlalu cepat saat melakukannya. Tentu tidak efektif membersihkan kotoran muka jika terlalu terburu-buru melakukannya. Kotoran akan tetap menempel pada wajah Anda. Sediakan waktu setidaknya lebih dari satu menit saat mencuci muka. Bersabarlah saat melakukannya. Usap secara perlahan saat memberikan sabun. Kemudian bilas juga secara perlahan.

2. Salah pilih sabun

Tidak semua produk sabun wajah yang dijual di pasaran cocok untuk wajah Anda. Tidak pula tergantung dari harga sabun tersebut. Meskipun mahal, jika memang tidak cocok untuk wajah Anda tetap saja demikian. Cermatlah dalam memilih sabun wajah, dan pahami kebutuhan wajah Anda. Jika Anda masih bingung, lebih baik konsultasikan ke dokter agar Anda bisa mendapatkan sabun yang tepat untuk kulit wajah Anda.

3. Keseringan

Mungkin Anda berpikir semakin sering mencuci muka, maka wajah Anda bisa menjadi bersih. Anggapan seperti ini amat salah. Jika keseringan, iritasi pada wajah akan terjadi. Terlebih produksi minyak berlebih pada wajah juga bisa terjadi. Cukup cuci muka maksimal dua kali dalam satu hari.

4. Menggunakan air panas

Air panas memang dapat membersihkan kotoran lebih mudah saat membersihkan sesuatu. Sebagian orang berpikir menggunakan air panas saat mencuci muka juga dapat mengangkat kotoran. Buang jauh-jauh ya pemikiran seperti ini. Menurut dr Tina Wardhani Wisesa, SpKK, bukannya bersih, kulit wajah malah bisa iritasi.

Baca juga artikel lainnya Tips Miliki Kulit Wajah Merah Merona Dalam Hitungan Minggu.

#Cuci Muka #Perawatan Wajah
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan