Si Merak Wujudkan Kemudahan Transparansi Perbendaharaan Daerah

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 19 Oktober 2023
Si Merak Wujudkan Kemudahan Transparansi Perbendaharaan Daerah
Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi DKI Jakarta menggandeng Bank DKI meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Rekening Bank (Si Merak). Foto: MP/Bank DKI

MerahPutih.com - Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi DKI Jakarta menggandeng Bank DKI dalam rangka transformasi layanan perbendaharaan daerah di DKI Jakarta. Salah satunya dengan diluncurkannya Sistem Informasi Manajemen Rekening Bank (Si Merak).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berharap Si Merak dapat meningkatkan kualitas sistem pengelolaan keuangan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan menjadi contoh bagi instansi pemerintah lainnya.

Baca Juga

Bank DKI Dorong Literasi Keuangan Syariah Melalui Digitalisasi

"Mari manfaatkan secara optimal kebaruan layanan perbendaharaan daerah ini," ujar Heru saat peluncuran Si Merak di Jakarta.

Heru menjelaskan bahwa transformasi layanan perbendaharaan daerah merupakan kerja sama yang harus terus dilanjutkan demi pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI, Michael Rolandi C. Brata mengungkapkan SI Merak merupakan terobosan yang berfungsi untuk pengelolaan rekening yang meliputi pembukaan, penutupan, monitoring status dan saldo secara realtime dan perhitungan jasa giro serta proses usulan penetapan KPA dan bendahara secara online.

"Si Merak ini cukup membantu kita dalam mewujudkan transparansi di pengelolaan rekening bank, bendahara, sehingga transaksi yang istilahnya tidak terotorisasi oleh Pimpinan SKPD tersebut bisa dilacak," jelas Michael.

Sementara itu, Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono, peluncuran Si Merak merupakan partisipasi pihaknya dalam program Transformasi Layanan Perbendaharaan Daerah.

"Si Merak merupakan bukti nyata dari komitmen kami untuk terus mendukung penyempurnaan layanan perbendaharaan daerah pada pada BPKD DKI," ujar Amirul.

Baca Juga

Direktur Keuangan dan Strategi Bank DKI Raih Indonesia Best CFO 2023

Ia pun berharap Bank DKI dapat berkontribusi signifikan sebagai mitra yang andal dalam mendukung digitalisasi daerah, salah satunya dengan menyediakan solusi perbankan digital yang inovatif dan memberikan nilai tambah bagi seluruh Pemangku Kepentingan.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan, digitalisasi merupakan kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah melalui inovasi layanan pengelolaan keuangan berbasis digital, dalam upaya mewujudkan peningkatan pendapatan asli daerah secara transparan, akuntabilitas serta efisien.

"Bank DKI berkomitmen untuk terus menghadirkan pengelolaan keuangan berbasis digital sebagai mitra strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, termasuk kepada seluruh nasabah guna mewujudkan penerapan transaksi nontunai, khususnya di DKI Jakarta," tandas Arie. (Asp).

Baca Juga

Bank DKI jadi BPD Terbaik Dalam Mendukung Percepatan dan Perluasan Digitalisasi

#Bank DKI #Perbankan #Fitur Perbankan #Ekonomi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan