Si Kecil akan Tumbuh Gigi, Kenali Gejalanya Banyak gejala yang harus orang tua pahami saat buah hati akan tumbuh gigi. (Foto; Pexels/Alex Smith)

MELIHAT si kecil tumbuh besar bisa bikin hati luluh akan keimutannya. Tetapi jika si kecil sudah mulai tumbuh gigi, lebih baik orang tua harus waspada, dan cobalah untuk lebih memperhatikan si kecil.

Tumbuh gigi akan menjadi hal yang tidak disukai oleh si kecil. Selain terasa sakit, akan ada gejala yang membuat dia tidak nyaman. Melansir laman Baby Gaga, inilah lima gejala yang menandakan bahwa si kecil akan tumbuh gigi.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Alasan Kenapa Kepala Bayi Sering Berkeringat

1. Si kecil akan lebih rewel

(Trivia 1) Rewel, Bikin Orangtua Pusing Tujuh Keliling (Foto Pexels Pixabay)
Rewel bisa bikin orang tua pusing tujuh keliling. (Foto: Pexels/Pixabay)

Dikarenakan emosinya yang tidak teratur, ia akan lebih banyak rewel dan terlihat geregetan. Hal itu karena si kecil tidak tahu harus bagaimana dengan giginya yang akan terlihat. Biasanya gejala ini datang sekitar pada usia empat hingga delapan bulan.

Orang tua lebih mudah untuk frustrasi pada kondisi ini, jadi lebih baik waspada dan tahan emosi saat terjadi. Tak hanya orang tua kok, si kecil juga frustrasi karena rasa sakit di gusi.


2. Lebih banyak mengeluarkan Liur

(Trivia 2) Bersihkan Liurnya Setiap Saat (Foto: Pexels/Pixabay)
Bersihkan liur setiap saat. (Foto: Pexels/Pixabay)

Biasanya si kecil jarang berliur. Tetapi jika si kecil seringkali mengeluarkan liur, orang tua harus hati-hati. Bisa jadi si kecil akan mengeluarkan gigi pertamanya.

Walaupun tidak terlalu berbahaya, tetapi berliur terus menerus membuat kulit si kecil akan rusak dan terlihat kasar, jadi orang tua harus mencoba membersihkan sisa liur yang berada pada mulut si kecil agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Baca Juga: 7 Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Membawa Bayi Naik Pesawat

3. Seringkali menggigit sesuatu

(Trivia 3) Mengunyah Karena Menghindari Rasa Sakit Di Gusi (Foto Pexels Angeliz Olivares)
Bayi biasanya mengunyah karena menghindari rasa sakit di dusi (Foto Pexels/Angeliz Olivares)

Si kecil biasanya suka sekali menggigit sesuatu. Jika si kecil sering menggigit jarinya, lebih baik orang tua harus siaga, karena gigi si kecil akan tumbuh.

Si kecil menggigit jari dikarenakan ia ingin melatih otot di mulutnya, supaya si kecil bisa lebih mudah memakan makanan yang sedikit keras.

4. Gusi yang sedikit membengkak

(Trivia 4) Gusi yang Membengkak Bikin Si Kecil Tidak Nyaman (Foto Pexels Craig Adderley)
Gusi yang membengkak bikin si kecil tidak nyaman. (Foto: Pexels/Craig Adderley)

Gigi yang tumbuh pada si kecil akan membuat gusinya menjadi terlihat membengkak. Orang tua juga bisa membantu si kecil untuk menghilangkan ketidaknyamanannya, seperti membersihkan jari, atau mungkin memberikan kain basah untuk si kecil kunyah bisa menjadi opsi yang baik. Cobalah untuk mencari kain basah yang bersih yang besar, supaya tidak tertelan olehnya


5. Memiliki suhu tubuh di atas normal

(Trivia 5) Suhu Tubuh Si Kecil yang Di Atas Rata-Rata (Foto Pexels Daniel Reche)
Suhu tubuh si kecil bisa atas rata-rata ketika akan tumbuh gigi. (Foto/Pexels Daniel Reche)

Ketika si kecil sedang ingin tumbuh gigi, biasanya suhu tubuh si kecil akan bertambah sedikit. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa ketika si kecil tumbuh gigi mereka akan demam, tetapi tenang saja itu hanya mitos, kok. (Aldo)

Baca Juga: Detak Jantung Ibu Beri Manfaat Luar Biasa Untuk Bayi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH