Si Hijau Manis Kue Bugis Kue bugis. (foto: resepkoki)

INDONESIA punya beraneka ragam jajanan pasar. Salah satu yang jadi favorit ialah kue bugis. Kue hijau berbentuk kerucut itu dipercaya berasal dari Sulawesi Selatan, asal suku Bugis. Hal itu terkait dengan nama yang disematkan pada kue ini.

Meskipun demikian, kue bugis ada di beberapa daerah di Indonesia juga. Di Jawa, kue bugis dikenal dengan kue mendut, di Sumatra Barat, kue berbahan dasar ketan ini disebut bugih, sedangkan di Bali, orang menyebutnya dengan lepet bugis.

Tak hanya berwarna hijau dari sari pandan atau daun suji, ada juga bugis yang terbuat dari ketan hitam yang unti dalamnya berwarna putih. Hijau ataupun hitam, kue bugis tetap manis dan lezat.


BAHAN-BAHAN

Tepung ketan - 500 gram
Santan, hangatkan - 250 ml
Gula pasir - 2 sdm
Garam - 1/4 sdt
Pewarna hijau - 5 tetes
Minyak goreng - 3 sdm
Daun pisang, potong ukuran 10x10 cm - 3 lembar

UNTI KELAPA

Kelapa, parut - 1/2 butir
Gula merah, serut kasar - 250 gram
Gula pasir - 2 sdm
Garam - 1/4 sdt


CARA MEMBUAT

1. Unti Kelapa: Masak semua bahan unti kelapa sambil terus diaduk sampai matang. Matikan api lalu biarkan dingin. Bentuk jadi bulat-bulat kecil.

2. Dalam wadah, campur tepung ketan, gula pasir, dan garam. Aduk rata.

3. Tuang santan, minyak goreng, dan pewarna hijau sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni hingga kalis dan adonan bisa dibentuk.

4. Ambil selembar daun pisang, lalu beri adonan ketan di tengahnya dan bulatkan. Kerucutkan daun pisang, lalu beri satu bulatan unti kelapa.

5. Lipat ujung daun yang tidak kerucut ke arah depan, lalu tarik ke depan daun yang kerucut.
6. Lakukan hal yang sama untuk sisi kanan dan kiri daun, hingga mengunci rapi berbentuk kerucut. Lakukan hingga semua adonan habis.

7. Panaskan panci kukusan/dandang. Kukus kue hingga matang dan daun pisang berubah layu kecokelatan. Angkat. Siap disajikan.



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH