Wisata
Shropshire, Kota di Inggris yang Menginspirasi Olimpiade Kota Shropshire yang seolah terlupakan dari mata dunia. (Foto: The Guardian)

OLIMPIADE selalu dinanti-nanti. Namun, hanya sedikit yang kalau pesta olahraga dunia itu asal-usulnya ada di Much Wenlock yang sepi di Shropshire, England.

Bila kamu mengunjungi Shropshire yang masih seperti kota abad pertengahan, Much Wenlock lebih seperti sebuah desa dengan warga yang ramah berpenduduk sekitar 3.000. Akan sulit untuk membayangkan hubungan apa pun dengan Olimpiade modern, sebuah fenomena global yang dilihat oleh jutaan orang.

Baca Juga:

Machhapuchhare, Puncak Terlarang di Pegunungan Himalaya

kota
Olimpiade London 2012 menghormati Much Wenlock pawai obor ke seluruh kota. (Foto: bbc.com)

Menyambut Olimpiade Tokyo 2020 yang masih kontroversial di tengah kekhawatiran pandemi COVID-19, mari menilik kembali sejarah pesta olahraga ini.

Di pemukiman Midlands yang kuno di abad ke-19 inilah seorang dokter lokal bernama William Penny Brookes menyalakan kembali api Olimpiade. Terinspirasi oleh Pertandingan Olimpiade Yunani Kuno, ia mendirikan Wenlock Olympian Society. Penyelenggaraannya kompetisi tahunan ini bertujuan untuk "mempromosikan peningkatan moral, fisik dan intelektual penduduk kota dan lingkungan Wenlock, dan terutama kelas pekerja."

Diluncurkan pada tahun 1850, Wenlock Olympian Games segera menarik ribuan penonton dan peserta dari sejauh London dan Liverpool (walaupun selalu ada setidaknya satu kegiatan "khusus penduduk setempat" untuk membuat penduduk lebih senang). Permainan tersebut masih diadakan sampai sekarang, meskipun dengan cabang olahraga yang lebih konvensional.

Lalu, apa yang membawa dari urusan regional yang meriah ini ke Olimpiade internasional? Menurut artikel CNN (11/7), Olympian Trail sepanjang 1,3 mil di Much Wenlock menceritakan kisah tersebut, Melewati pusat kota Inggris klasik, titik awalnya di Much Wenlock Museum and Visitor Information Centre.

Baca Juga:

Pentingnya CHSE Bagi Hotel di Tengah Pandemi COVID-19

kota
Lanskap kawasan Shropshire sangat indah menjadi daya tarik dari Much Wenlock. (Foto: bbc.com)

Pasar masih berlangsung di Much Wenlock, termasuk di Corn Exchange (sekarang rumah bagi perpustakaan umum), di mana penanda Olympian Trail perunggu kedua dapat ditemukan. Di sinilah Brookes mendirikan Wenlock Olympian Society, salah satu dari banyak upayanya untuk mempromosikan kesejahteraan fisik, termasuk berhasil mengajukan petisi untuk membuat pendidikan jasmani wajib di sekolah-sekolah nasional.

Perhentian jejak paling penting berikutnya adalah Raven Hotel, yang sekarang memiliki restoran 2 AA Rosette. Pada tahun 1890, setelah mengunjungi Wenlock Olympian Games dan mendengar mimpi Brookes untuk mengadakan kebangkitan Olimpiade internasional di Yunani, di sinilah pendidik dan sejarawan Baron Pierre de Coubertin memberikan pidato yang menyatakan dukungannya.

Pemuda Prancis itu kemudian mendirikan Komite Olimpiade Internasional pada tahun 1894 dan acara Olimpiade Musim Panas pertamanya diadakan di ibu kota Yunani pada April 1896, sayangnya empat bulan setelah Brookes meninggal pada usia 86 tahun.

Makam Brookes di halaman Gereja Paroki Much Wenlock, tepat di seberang tempat kelahirannya. Ini adalah tempat yang membangkitkan semangat yang dihiasi dengan plakat dan patung bertema yang melukiskan gambaran yang jelas tentang sejarah Olimpiade Wenlock.

Baca Juga:

Rammang-Rammang, Desa Kreatif dengan Keindahan Alam Memanjakan Mata

kota
Olympian Trail yang menceritakan kisah Wenlock yang menginspirasi Olimpiade internasional. (Foto: bbc.com)

Rute berakhir di lokasi awal, di Much Wenlock Museum and Visitor Information Centre. Lokasi ini digambarkan dengan menawan oleh Lanyon sebagai, "museum kecil dengan cerita besar" ini memetakan kisah Olimpiade kota melalui veteran olahraga hingga kunjungan kerajaan dan karnaval.

Pameran geologi dan arkeologi juga ditampilkan, seperti dua panel lavabo bergaya Romawi dari Biara Wenlock, dan beberapa piala yang diberikan kepada juara tilter Charles Ainsworth selama Pertandingan Olimpiade Wenlock awal. Semuanya telah ditambahkan ke koleksi museum sejak renovasi besar-besaran di 2012.

Tahun yang sama tentunya ketika Olimpiade datang ke London, dan melihat warisan Much Wenlock dirayakan di seluruh dunia. Sementara itu, Wenlock Olympian Games versi khusus diadakan dengan melibatkan 2.385 peserta berusia delapan hingga 80 tahun, termasuk empat atlet muda Brasil yang bercita-cita berlaga di Rio 2016.

Itu adalah momen yang membanggakan bagi penduduk setempat. PR dan sekretaris media Wenlock Olympian Society, Mac Bardsley, mengatakan kepada CNN, dia merasakan "tanggung jawab bersejarah" untuk menghormati apa yang dimulai Brookes sekitar 170 tahun yang lalu untuk kepentingan komunitas mereka.

Baca Juga:

Likupang Punya Daya Tarik Potensial Bagi Para Wisatawan

kota
Shropshire yang menjadi salah satu destinasi wisata di England. (Foto: shropshire-guide)

Meskipun warisan Brookes relatif tidak dikenal di luar kota, keterlibatan global telah tumbuh secara eksponensial sejak 2012. Anggota komite Olimpiade Tokyo mengunjungi Much Wenlock pada tahun 2014 sebagai bagian dari persiapan mereka; pameran telah diadakan sejauh Norwegia dan Qatar; dan mereka yang baru-baru ini menghubungi arsiparis Wenlock Olympian Society Chris Cannon, termasuk seorang klasik Yunani dan jurnalis Shanghai, mendorong arsip digital baru yang dapat diakses di seluruh dunia.

Selain nilai sejarah Much Wenlock, mengunjungi Shropshire adalah menemikan banyak kisah lain yang tidak kalah menarik. dan menemukan kisahnya secara langsung, county ini memiliki banyak pengalaman berharga di luar.

"Berada di perbatasan antara dataran tinggi Wales dan dataran rendah Inggris, [itu] memiliki sejarah kuno dan bergejolak yang ditandai dengan banyak benteng bukit prasejarah dan kastil abad pertengahan [dan] menawarkan pengunjung perpaduan unik antara warisan alam dan sosial," ujar Andrea Fox, petugas ekonomi pengunjung di Dewan Shropshire.

Area perbukitan Shropshire memiliki keindahan alam yang luar biasa. Rute hiking seperti Shropshire Way dan Offa's Dyke Path melintasi lanskap seperti Shire yang menurut Fox, telah menginspirasi semua orang mulai dari putra paling terkenal di daerah itu, Charles Darwin, hingga penulis dan penyair seperti Mary Webb dan Wilfred Owen".

Brookes mungkin tidak dapat bersaing dengan Darwin sebagai "putra paling terkenal" Shropshire. Namun, menjelang Tokyo 2020, kemungkinan warisan dunia yang ia ilhami dalam Olimpiade ini akan berlanjut selama beberapa dekade mendatang. (aru)

Baca Juga:

Pergi ke Sumba Timur, Jangan Lupa Mampir ke ‘Surga’ Ini

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menparekraf  Apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya untuk di Rumah Saja
Fun
Menparekraf Apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya untuk di Rumah Saja

Sandiaga Uno berikan apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya Untuk di Rumah Saja

Selebritas Korea ini Mengaku Mudah Jatuh Cinta
ShowBiz
Selebritas Korea ini Mengaku Mudah Jatuh Cinta

Bahkan tindakan terkecil sekalipun dapat membuat mereka berbebar-debar.

Saka Bahari, Wadah Anggota Pramuka Belajar Kemaritiman
Hiburan & Gaya Hidup
Putrajaya, Ibu Kota nan Hijau
Travel
Putrajaya, Ibu Kota nan Hijau

Surga ekologi yang luas.

Microsoft Hapus Syarat Xbox Live Gold untuk Game Free-to-Play
Fun
Microsoft Hapus Syarat Xbox Live Gold untuk Game Free-to-Play

Game free-to-play yang dapat dimainkan tanpa perlu menggunakan membership tersebut di antaranya ...

Ratu Elizabeth II akan Duduk Sendirian saat Pemakaman Pangeran Philip
ShowBiz
Ratu Elizabeth II akan Duduk Sendirian saat Pemakaman Pangeran Philip

Orang yang menghadiri pemakaman harus berjarak setidaknya 2 meter dari siapa pun yang tidak serumah.

Tak Mampu Beli PlayStation 5, Pengembang Game Buat Simulator PS5
Fun
Tak Mampu Beli PlayStation 5, Pengembang Game Buat Simulator PS5

Pengembang ini memutar otak untuk mendapatkan pengalaman bermain Playstation 5.

Rose BLACKPINK Beri Kabar Gembira Terkait Proyek Debut Solonya
ShowBiz
Rose BLACKPINK Beri Kabar Gembira Terkait Proyek Debut Solonya

Idola berusia 23 tahun itu memang sudah merampungkan proses rekaman.

Saudara Tiri Thor Hampir Dipenjara di Trailer Baru 'Loki'
Fun
Saudara Tiri Thor Hampir Dipenjara di Trailer Baru 'Loki'

Trailer terbaru 'Loki' sudah rilis.

Salah Kosmetik Saat Hamil dapat Sebabkan Hipospadia
Fun
Salah Kosmetik Saat Hamil dapat Sebabkan Hipospadia

Hipospadia merupakan kelainan bawaan lahir pada genitalia pria.