Shopee Luncurkan Program agar UMKM Dapat Berjualan di Pasar Global Shopee luncurkan program bertajuk 'Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global' (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

PELAKU Usaha Kecil Menengah (UMKM) mungkin hanya bisa memasarkan produk mereka di dalam negeri. Namun, kini UMKM juga dapat merasakan pemasaran secara global. Hal tersebut dapat terwujud melalui program terbaru milik Marketplace Daring Shopee.

Program tersebut bertajuk Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global. Melalui progragm ekspor pertama Shopee itu. Pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan penjualan di negara shopee beroperasi. "Ini adalah ranah khusus untuk brand lokal Indonesia," ujar Head of Goverment Relation Shopee, Radityo Triatmojo dalam cara peluncurannya di SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (21/3).

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara juga hadir dalam peluncuran itu. Dia mengatakan bahwa UMKM akan menjadi faktor penting untuk pertumbuhan ekonomi digital dan e-commerce Indonesia. "UMKM adalah masa depan ekonomi digital dan e-commerce Indonesia," paparnya.

1. Shopee mengkurasi 25.000 produk lokal setiap minggunya

Shopee sudah menyiapkan 5.000 produk lokal yang potensial untuk di ekspor (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Melalui program Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global, marketlpace daring itu mengkurasi sekitar 25.000 produk lokal. Kurasi itu dilakukan setiap minggu. Dengan peningkatan transaksi hingga 8 kali lipat sejak pertama kali diluncurkan.

"Marketplace ini bisa menjadi opportunity untuk meningkatkan penjualan mereka (UMKM)," tambah Radityo. Intinya program ini dapat memaksimalkan potensi penjualan produk lokal ke luar negeri melalui Shopee.

Untuk negara-negara yang menjadi target ekspor. Akan fokus pada wilayah Asia Tenggara . Seperti contohnya di Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Radityo juga menyatakan ada 5.000 produk lokal yang berpotensi untuk di ekspor.

2. Kampus Shopee untuk mematangkan pelaku UMKM tembut pasar global

Kampus Shopee akan mematangkan pelaku UMKM untuk berjualan di pasar global (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Pelaku UMKM enggak perlu takut kesulitan beradaptasi dengan pasar global. Karena Shopee juga memiliki program untuk mengedukasi pelaku UMKM. Agar siap terjun dalam pemasaran di kancah global. Melalui sebuah program bernama Kampus Shopee.

Radityo mengatakan dalam program itu. UMKM akan mendapatkan pengetahuan penting mengenai ilmu pemasaran global. Selain itu, regulasi dalam memasarkan produk di negara lain juga akan menjadi materi dalam Kampus Shopee. "Misalnya kalau jualan kerudung di Malaysia seperti apa sih sukanya. Terus kalau di negara tertentu, jual makan itu harus ada labelnya," tuturnya.

Program kampus Shopee itu sudah hadir di 45 wilayah Indonesia. Termasuk di wilayah terpencil seperti di Manokwari. "Kita akan pantau terus sampai mereka memiliki order," tutup Radityo. (ikh)

Baca juga: Senin Jadi Pilihan Berbelanja Online

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo