Sherpa Presidensi G20 Indonesia ke-3 Susun Leader’s Declaration G20

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 28 September 2022
Sherpa Presidensi G20 Indonesia ke-3  Susun Leader’s Declaration G20
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso meninjau kesiapan penyelenggaraan Sherpa Presidensi G20 Indonesia ke-3 di Yogyakarta, (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pertemuan Sherpa Presidensi G20 Indonesia ke-3 digelar di Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 27-29 September 2022 dengan fokus penyusunan Leader’s Declaration.

Leader’s Declaration yang akan diadopsi para kepala negara dalam puncak KTT G20 di Bali pada November 2022.

Baca Juga:

Jelang KTT G20, Booking Tiket Pesawat ke Bali Sulit Didapat

Sekretaris Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso melakukan peninjauan kesiapan berbagai fasilitas dan sumber daya manusia, seperti di Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA).

Selain itu, Stasiun Kereta Bandara YIA untuk memastikan ketersediaan kereta bandara sebagai salah satu moda transportasi yang cukup nyaman dan cepat menuju Stasiun Tugu.

Pihak kereta Bandara Yogyakarta akan mengalokasikan satu gerbong khusus bagi delegasi G20 untuk memberikan kenyamanan.

Selanjutnya kegiatan peninjauan dilakukan dengan mengendarai mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yang menjadi salah satu sarana transportasi ramah lingkungan pendukung pertemuan Sherpa ketiga.

Pada hari terakhir pertemuan Sherpa ketiga akan dilakukan kegiatan site visit yang bertujuan memperkenalkan warisan budaya di Indonesia sekaligus menunjukkan upaya pemberdayaan masyarakat pedesaan termasuk UMKM melalui Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Peninjauan dilakukan di wilayah Magelang meliputi Candi Borobudur, Balkondes Ngadiharjo, yang didukung oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Balkondes Karangrejo yang didukung PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Selain ke Magelang, sehari sebelumnya dilakukan pula peninjauan di Candi Prambanan sebagai tempat berlangsungnya jamuan makan malam bagi para delegasi.

Bersama PT Taman Wisata Candi, dibahas lokasi lapangan sekitar Candi Prambanan yang sesuai untuk dapat menampilkan kemegahan candi dengan diselingi pertunjukan budaya pada acara makan malam tersebut. (Asp)

Baca Juga:

Korlantas Lakukan Buka Tutup Jalan Tertentu saat KTT G20 di Bali

#G20 #KTT G20
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan