Kecantikan
Sheet Mask vs Masker Biasa, Mana yang Lebih Baik? Sheet mask dan masker biasa tidak memberikan hasil yang sama. (Foto: freepik/annashiman)

MEMAKAI masker wajah jadi pilihan terbaik jika kamu membutuhkan waktu santai sambil melakukan perawatan diri. Dengan meluangkan waktu 10-20 menit setiap hari untuk bersantai, kamu bisa merawat kulit. Nilai tambahnya, kamu mendapat manfaat relaksasi, peningkatan hidrasi, dan pori-pori yang bersih.

Namun, memutuskan untuk menggunakan masker bukanlah satu-satunya pilihan yang harus diambil. Kamu juga harus memilih jenis masker yang akan digunakan. Preferensi pribadi menjadi faktor besar dalam memilih antara sheet mask dan masker wajah biasa yang perlu dibilas. Namun, perlu diingat kedua jenis itu tidak memberikan hasil yang sama.

BACA JUGA:

Perawatan Kulit Wajah Sesuaikan dengan Jenis Kulitnya

Sheet mask biasanya adalah produk sekali pakai yang terbuat dari serat, kapas, atau kain selulosa yang memiliki lubang untuk mata, hidung, dan mulut. Produk kecantikan ini merupakan kebutuhan pokok dalam perawatan kulit ala Korea, dan sekarang populer di seluruh dunia.

Masker jenis lembaran itu dapat menawarkan berbagai manfaat, mulai dari mencerahkan hingga menghidrasi. Apa yang dilakukan masing-masing akan bervariasi berdasarkan bahan perawatan kulit apa yang ada di dalamnya.

Menurut dokter kulit bersertifikat Dr Karan Lal di New Jersey, AS. masker jenis ini bisa banyak mengandung konsentrasi berbagai bahan, termasuk kolagen, asam hialuronat, vitamin C, asam glikolat, dll.

"Sheet mask dibuat untuk diletakkan di atas kulit dalam upaya meningkatkan penetrasi bahan. Masker ini biasanya memiliki konsentrasi berbagai bahan yang lebih tinggi karena dimaksudkan untuk ditempatkan pada kulit untuk waktu yang singkat," dia menjelaskan seperti diberitakan InStyle.

Perawatan praktis dan singkat

sheet mask
Sheet mask umumnya merupakan produk sekali pakai yang terbuat dari serat. (Foto: freepik/freepik)

Daya tarik besar dari sheet mask ialah memberikan proses perawatan kulit ekspres. Karena waktu penggunaan yang singkat, jenis masker ini diresapi dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi.

Masker jenis lembaran ini dapat digunakan selama rutinitas perawatan kulit pagi atau malam hari, dan paling baik diterapkan pada kulit bersih diikuti dengan pelembap.

Mengenai seberapa sering menggunakan masker lembar, dokter kulit bersertifikat Dr Avnee Shah di Schweiger Dermatology Group di Verona, AS mengatakan untuk menganggapnya sebagai tambahan untuk rutinitas perawatan kulit biasa. "Karena tidak masker ini tidak menggantikan bagian tertentu dari rutinitas perawatan kulit yang biasa kamu lakukan," dia menekankan.

Meskipun sheet mask aman digunakan setiap hari, Shah merekomendasikan untuk menggunakannya sekali atau dua kali seminggu. Jika kamu bersiap-siap untuk menghadiri acara besar, dokter kulit mengatakan kamu dapat menggunakannya setiap hari selama satu atau dua minggu menjelang acara.

Masker lembar aman untuk semua jenis kulit, tetapi pertimbangkan apakah kamu memiliki kepekaan terhadap bahan aktif atau wewangian saat memilih mana yang akan digunakan. "Meskipun aman untuk semua jenis kulit, saya akan berhati-hati karena banyak yang memiliki wewangian," kata Lal.

"Bahkan jika kamu tidak mencium bau apa pun, itu mungkin masih memiliki wewangian untuk menutupi wewangian lain. Jika kamu memiliki kulit yang rentan eksim, saya akan menjauh dari masker lembar," ujarnya.

BACA JUGA:

Rangkaian Skincare Terbaru untuk Membuatmu Lebih Menawan

Masker wajah biasa

masker wajah

Banyak masker wajah yang perlu dibilas dimaksudkan untuk menyerap minyak berlebih. (Foto: freepik/prostooleh)

Seperti sheet mask, masker wajah biasa yang perlu dibilas juga merupakan perawatan kulit ekspres. Sebagai pengganti bahan aktif konsentrasi tinggi, masker ini biasanya mengandung bahan dasar yang lebih kental seperti tanah liat, arang, atau krim.

Lal mengatakan, masker ini biasanya dibiarkan selama 15-20 menit dan kemudian dicuci dengan air hangat.

Masker wajah bilas juga menawarkan berbagai manfaat yang bervariasi berdasarkan bahannya. Shah berbagi, masker biasa dapat memiliki berbagai manfaat tergantung pada bahannya. Misalnya: dapat mencerahkan dan mengelupas dengan asam glikolat atau membersihkan secara mendalam dengan tanah liat.

Karena banyak masker wajah yang perlu dibilas dimaksudkan untuk menyerap minyak berlebih dari kulit, jenis ini paling baik digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk mencegah kekeringan yang berlebihan.

Pertimbangkan jenis kulit kamu sebelum memilih masker wajah. "Masker biasa ini disediakan untuk orang-orang dengan kulit berminyak atau kombinasi. Mereka yang memiliki jenis kulit kering mungkin mengalami iritasi dari masker bilas," kata Lal.

Ketika kamu memutuskan antara sheet mask atau masker wajah biasa untuk momen perawatan diri, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Pertama, pertimbangkan hasil akhir kamu, jika mencari peningkatan hidrasi, masker lembar akan menjadi pilihan terbaik. Sedangkan, jika kamu khawatir tentang pori-pori yang tersumbat, masker wajah bilas akan menjadi pilihan yang lebih baik.(aru)

BACA JUGA:

Minuman Kolagen Rahasia Kecantikan Son Ye-jin

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
3 Band Terpilih Ikut Program Jameson Connects Indonesia Sesi 2
Fun
3 Band Terpilih Ikut Program Jameson Connects Indonesia Sesi 2

Program Jameson Connects Indonesia telah usai digelar dan terpilih tiga band favorit yang sesuai dengan karakter Jameson.

Silsilah Keluarga Ratu Elizabeth II dan Penerus Takhta Kerajaan Inggris
Fun
Silsilah Keluarga Ratu Elizabeth II dan Penerus Takhta Kerajaan Inggris

Sejak Ratu Elizabeth II naik takhta pada 1952, pohon keluarga kerajaan Inggris telah berkembang.

YouTuber Sukses Menyulap Toilet Jadi PC Gaming Canggih
Fun
YouTuber Sukses Menyulap Toilet Jadi PC Gaming Canggih

PC toilet ini bisa memainkan game CS:GO.

Film 'Paranoia' Segera Tayang di Bioskop
ShowBiz
Film 'Paranoia' Segera Tayang di Bioskop

Setelah film animasi untuk keluarga produksi Visinema Pictures bertajuk 'Nussa' telah tayang dibioskop, film 'Paranoia' merupakan film Indonesia selanjutnya yang akan hadir di Bioskop Tanah Air.

Situs Kencan Khusus Dokter Tuai Kontroversi
Hiburan & Gaya Hidup
Situs Kencan Khusus Dokter Tuai Kontroversi

Itu seperti tindakan tak adil.

Aplikasi Pembayaran Digital Mempermudah Ekosistem UMKM
Fun
Aplikasi Pembayaran Digital Mempermudah Ekosistem UMKM

Aplikasi pembayaran digital menggunakant teknologi kecerdasan buatan yang semakin memudahkan UMKM.

'Octopath Traveler 2' Siap Rilis Februari 2023
Fun
'Octopath Traveler 2' Siap Rilis Februari 2023

Game turn-based berkualitas 2D-HD akan datang di 2023.

Sisi Lemah si Cancer
Fun
Sisi Lemah si Cancer

Kamu perlu berhati-hati dengan capit kepiting itu.

Ahmad Sahroni Ungkap Alasan Street Race Tidak Bisa Digelar di Sirkuit Formula E
Fun
Ahmad Sahroni Ungkap Alasan Street Race Tidak Bisa Digelar di Sirkuit Formula E

Ahmad Sahroni Ungkap Alasan Street Race Tidak Bisa Digelar di Sirkuit Formula E

Asal Muasal Tradisi Baju Baru pada Lebaran
Fun
Asal Muasal Tradisi Baju Baru pada Lebaran

Tradisi memakai baju baru dihari lebaran itu sudah dilakukan di zaman dahulu dan juga ada sejarahnya.