Shazam! Satu-satunya Superhero yang Kekuatannya Sebanding dengan Superman Fakta menarik karakter Shazam! (foto: imdb.com)

FILM Shazam! masih tayang nih di bioskop. Apakah kamu sudah menontonnya? Kabarnya film Shazam! mengubah banyak hal dalam DC Universe. Sebelumnya, apakah kamu sudah tau beberapa fakta mengenai Shazam! ini? Kalau belum, simak artikel ini sampai selesai.

1. Arti di balik nama Shazam!

Shazam! Satu-satunya Pahlawan yang Kekuatannya Sebanding dengan Superman
Nama Shazam diambil dari enam nama dewa yang memberikannya kekuatan (foto: imdb.com)


Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Shazam? Sepertinya Shazam! itu mantra sihir ya? Ternyata bukan lo. Nama Shazam punya artinya sendiri. Shazam! mewakili enam dewa yang memberikan karakter ini kekuatan super.

Huruf S untuk kebijaksanaan dari Raja Solomon, H untuk kekuatan dari Hercules, A untuk stamina seperti Atlas, Z untuk kekuatan magisnya Zeus, A menggambarkan keberani Achilles, dan M untuk kecepatan dari Mercury.

Ketika dirangkai semuanya menjadi kata Shazam! Makanya Billy Batson harus menyebut Shazam! untuk berubah jadi pahlawan yang memiliki kekuatan enam dewa itu.

2. Shazam! ialah Captain Marvel pertama

Shazam! Satu-satunya Pahlawan yang Kekuatannya Sebanding dengan Superman
Shazam! tadinya bernama Captain Marvel (foto: dcreadingorder.com)


Sebenarnya Captain Marvel di MCU itu bukan Captain Marvel pertama di dunia superhero lo. Sebelum dikenal dengan nama Shazam! Karakter ini sebelumnya dikenal sebagai Captain Marvel, tokoh ini muncul pertama kali di komik DC pada tahun 1939.

Setelahnya karakter ini sempat hilang selama beberapa tahun, kemudian Marvel Comics membuat karakter Captain Marvel sendiri versi mereka. Sehingga akhirnya Captain Marvel versi DC diubah menjadi Shazam!

3. Shazam! merupakan pahlawan pertama yang tampil di dalam film

Shazam! Satu-satunya Pahlawan yang Kekuatannya Sebanding dengan Superman
Shazam! tampil dalam film superhero pertama (foto: Youtube/NightStroke)


Film superhero pertama ada di tahun 1941 dan Shazam! tampil sebagai Capten Marvel dalam film tersebut. Filmnya berjudul The Adventures of Captain Marvel yang diproduksi oleh Republic Pictures.

Dalam film ini, Captain Marvel bertarung dengan The Scorpion, seorang kriminal dengan mesin berbentuk kalajengking.

Hal ini berarti Shazam! adalah pahlawan pertama yang punya filmnya sendiri. Selain itu, Shazam! juga pernah menjadi tokoh dalam acara TV tahun 1974-1976 dengan total 28 episode.

4. Shazam! bisa menandingi kekuatan Superman

Shazam! Satu-satunya Pahlawan yang Kekuatannya Sebanding dengan Superman
Shazam! satu-satunya pahlawan yang bisa menandingi kekuatan Superman (foto: comicvine.gamespot.com)


Walaupun Shazam! punya hubungan baik dengan Superman dan anggota Justice League lainnya, ia pernah melawan Superman lo. Bukan karena mereka benar-benar bertengkar ya.

Ternyata itu karena Lex Luthor mengontrol pikiran Shazam! untuk mengalahkan Superman. Padahal Billy Batson sangat mengagumi sosok Superman sebagai idola dan mentor.

Dalam adegan di komik tersebut diperlihatkan bahwa Shazam mampu memukul Superman. Wah padahal Superman kan termasuk pahlawan yang paling kuat. Berarti Shazam kuat juga ya? Pantas ia juga sering disebut "The Only Hero Able To Match The Man Of Steel" karena bisa sebanding dengan kekuatannya Superman. (sam)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH