Shazam!, Film DCEU Berprestasi? Shazam! (Sumber: IGN)

BEBERAPA hari lalu, film terbaru DCEU, Shazam! mulai menghiasi layar bioskop. Shazam sebenarnya bukan pertama kali muncul sebagai karakter live action, tahun 1941 Republic Picture sempat membuat serial filmnya dengan judul Adventures of Captain Marvel. Shazam kembali muncul di serial TV tahun 70an-90an.

Bicara masalah kualitas, Shazam! mendapat ulasan mengagumkan dari para kritikus di Totten Tomatoes. Film yang dibintangi Zachary Levi ini juga meraih rating tinggi yakni sekitar 91 persen, sementara dari situs IMDb, Shazam! diberi rating 7,9/10.

Berbeda dengan film Batman, Superman atau Wonder Woman yang memiliki jalan cerita serius. Film Shazam malah memunculkan nuansa komedi dan lebih berwarna. Hal tersebut karena sosok di balik superhero ini adalah seorang anak kecil bernama Billy Batson. Sehingga meski memiliki wujud dewasa Shazam masih punya sifat kekanak-kanakan.

1. Penuh pesan

Shazam! dikemas secara menarik. Akting setiap pemain di film ini juga sangat natural, terutama penampilan Zachary Levi, aktor yang memerankan Billy Batson versi superhero alias Shazam. Gesturnya sesuai dengan nuansa komedi yang mengharuskan menjadi superhero namun masih bersifat anak-anak.

Belum lagi sosok Asher Angel, aktor yang berperan sebagai Billy versi anak-anak. Di balik keceriaannya, karakter ini adalah anak muda yang kuat karena berjuang hidup sendiri hingga akhirnya menemukan orang tua asuh.

Shazam! juga layak ditonton oleh anak-anak dengan didampingi orang tua. Hal itu karena film ini punya pesan mendalam. Dari karakter Billy Batson kita diajarkan untuk bisa mandiri. Shazam! juga mengajarkan betapa pentingnya keluarga, meskipun itu adalah keluarga angkat.

2. Pendapatan terendah dibanding film DCEU lainnya

Sayangnya, di balik kelebihan Shazam! itu, film yang disutradarai David Sandberg tersebut memiliki pendapatan terendah di pembukaan akhir pekan sebesar US$53,5 juta di Amerika Utara. Hal ini juga membuah Shazam! menempati peringkat ketujuh film DCEU.

Peringkat pertama masih dipegang oleh film Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) dengan pendapatan pembukaan akhir pekan di Amerika Utara sebesar US$166 juta. Kemudian diurutan kedua ada Suicide Squad (2016) dengan pendapatan pembukaan akhir pekan sebesar US$133.

3. Masuk box office

Shazam! menjadi film Box Office (Sumber: Ist)
Shazam! menjadi film Box Office (Sumber: Ist)

Meski demikian, jumlah tersebut tidak bisa dibilang sedikit. Hal itu karena Shazam! mampu memuncaki box office. Keberhasilan itu membuat pihak Warner Bros. girang. Chairmain Warner Bros. Toby Emmerich mengatakan hasil tersebut benar-benar sesuai yang diharapkan.

"Kami benar-benar ingin film ini bersinar, dengan film maker terbaik yang cocok dengan karakter. Kami merasa sangat bahagia," katanya seperti dilansir New York Times, Senin (8/4).

Berikut ini 10 box office Amerika di tanggal 5-7 April dilansir boxofficemojo:

1. Shazam! (US$53,4 juta)

2. Pet Sematary (2019) (US$25 juta)

3. Dumbo (2019) (US$18,2 juta)

4. Us (US$13,8 juta)

5. Captain Marvel (US$12,6 juta)

6. The Best of Enemies (US$4,5 juta)

7. Five Feet Apart (US$3,7 juta)

8. Unplanned (US$3,2 juta)

9. Wonder Park (US$2 juta)

10. How to Train Your Dragon: The Hidden World (US$1,9 juta)



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH