Shayne Pattynama Sah Jadi Warga Negara Indonesia

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 24 Januari 2023
Shayne Pattynama Sah Jadi Warga Negara Indonesia
Shayne Pattynama menjalani pengambilan sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia, ditemani Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

MerahPutih.com - Pemain sepak bola Shayne Elian Jay Pattynama tersenyum lebar sambil mencium bendera merah putih. Bersama Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan, Shayne kemudian diambil gambar para juru warta.

Shayne merampungkan proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain kelahiran Lelystad Belanda itu menjalani pengambilan sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (24/1), dihadiri Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

Shayne Pattynama sudah mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui DPR-RI.

Baca Juga:

Dewa United FC Lepas 5 Pemainnya

Adapun pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, melaporkan bahwa Keputusan Presiden (Keppres) ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Dikutip Bolaskor.com, pengambilan sumpah didahului berkumandangnya lagu Indonesia Raya. Turut dibacakan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberian kewarganegaraan Indonesia kepadanya.

Pemain Viking FK kemudian bersumpah didampingi rohaniwan, sebelum Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Ibnu Chuldun secara resmi mengukuhkan dan melantik.

"Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing. Mengakui, tunduk, dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai warga negara Indonesia dengan tulus, ikhlas. Kiranya Tuhan menolong saya," ucap Shayne Pattynama mengikuti.

Baca Juga:

Alasan Dewa United FC Usung Lexyndo Hakim jadi Bakal Calon Anggota Exco PSSI

"Atas Rahmat Tuhan yang Maha Esa. Pada hari ini, Selasa tanggal 24 Januari 2023, bertempat di aula lantai empat kantor wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, saya Ibnu Chuldun Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, dengan ini secara resmi mengukuhkan atau melantik saudara sebagai Warga Negara Republik Indonesia sebagaimana tercantum surat keputusan yang dibacakan," sambung Ibnu Chuldun, yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah.

Shayne Pattynama merupakan satu dari tiga pemain yang direkomendasikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Dua nama lainnya adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah lebih dahulu menjadi WNI. Jordi Amat bahkan ikut berjuang bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, adapun Sandy Walsh tidak diikutsertakan karena tidak bisa sepenuhnya membela Garuda. (*/Bolaskor.com)

Baca Juga:

Erick Thohir Ingin Bangun Sepak Bola Indonesia sebagai Pemersatu

#Naturalisasi #PSSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan