Shawarma, Jajanan Saji Cepat Paling Mudah Ditemukan di Qatar

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 11 Desember 2022
Shawarma, Jajanan Saji Cepat Paling Mudah Ditemukan di Qatar
Terjangkau tapi cukup bikin kenyang. (Foto: Unsplash/Yoad Shejtman)

SALAH satu perbedaan yang cukup mencolok antara Indonesia dan Qatar ialah sulitnya menemui lapak-lapak sejenis pedagang kaki lima di tepi-tepi jalan, kecuali pada area khusus yang mirip pasar seperti Souq Waqif. Padahal, jajanan jalanan itu mungkin akan sangat diburu pelancong dengan bujet pas-pasan.

Namun, di antara seluruh kesulitan itu, shawarma menjadi satu dari sekian kemudahan yang bisa ditemui di Qatar. Jajanan cepat saji khas Timur Tengah itu memang cukup mudah untuk didapatkan. Menurut laporan ANTARA (9/12), shawarma bahkan cukup mudah didapatkan di nyaris setiap sudut Qatar.

Sebagai sebuah jajanan yang cukup mengenyangkan, shawarma dipatok dengan rentang harga mulai dari tujuh riyal (sekira Rp 30.000). ANTARA melaporkan shawarma merupakan makanan yang pertama kali muncul pada era Kesultanan Utsmaniyah di area yang kini menjadi negara Turki.

Baca juga:

Wisata ke Dubai? Pelajari 9 Kalimat Ini!

Menggunakan berbagai pilihan daging. (Foto: Unsplash/T Foz)

Secara etimologis, shawarma merupakan derivasi dari kosakata Turki, cevirme (yang artinya berputar), sebagai rujukan pada alat yang terbuat dari sebuah besi berputar demi memastikan proses pemangganan daging berjalan secara merata.

Biasanya, shawarma menggunakan daging ayam, kambing, domba, sapi, hingga kalkun, yang sudah terlebih dahulu dibumbui dan dimarinasi, sebelum dipotong tipis-tipis dan ditumpuk dengan ketinggian sekira 60 cm pada alat panggangan tersebut.

Seringkali lemak diselipkan di antara tumpukan daging-daging tersebut untuk menambah rasa juicy dari daging shawarma. Beberapa rempah-rempah yang biasa dipakai untuk membumbuidaging shawarma, seperti kayu manis, jinten, kapulaga, kunyit, dan paprika.

Baca juga:

Menyantap Kebab dan Canelloni di ROCA

Mudah ditemukan di berbagai sudut Qatar. (Foto: Unsplash/YAW ANSU-KYEREMEH)

Shawarma bisa disajikan langsung di atas lapisan roti pita di sebuah piring atau langsung dibungkus bak sebuah wrap. Opsi kedua lebih banyak ditemui di Qatar, terutama untuk keringkasan agar pembeli bisa langsung menikmati shawarma sambil melanjutkan perjalanan.

Shawarma ayam adalah pilihan termurah di antara semua opsi protein yang tersedia. Selain berisi potongan daging ayam, di Qatar, shawarma itu juga bisa dipadukan dengan berbagai lauk pelengkap lainnya, seperti kentang goreng, acar, dan bawang putih. (waf)

Baca juga:

Mau Nonton Piala Dunia? Ini Pilihan Hotel Terbaik di Qatar

#Kuliner #Travel
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan