Shamsi Ali Galang Dana Bangun Pondok Pesantren Pertama di Amerika Lahan yang direncanakan dibangun pondok pesantren di kota kecil Moodus, Negara Bagian Connecticut, Amerika Serikat. (Shamsi Ali via kitabisa.com)

MerahPutih.com - Imam Besar New York Shamsi Ali menggalang dana untuk membangun pondok pesantren Indonesia yang pertama di Amerika Serikat. Hingga saat ini, imam asal Indonesia itu telah menghimpun 15 persen dana yang dibutuhkan atau sekitar Rp 5 miliar melalui kitabisa.com.

Dalam catatannya di Kitabisa, Shamsi Ali memperkenalkan diri sebagai lelaki yang lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan pada 1967. Setelah lulus pesantren di Makasar, ia mulai merantau ke Pakistan dan Arab Saudi untuk menuntut ilmu di bidang tafsir. Pada 1997 Shamsi pindah ke New York dan selama lebih dari 10 tahun mendapat amanah menjadi imam di Islamic Cultural Centre of New York. Masjid terbesar di kota tersebut yang berlokasi 96th Street and 3rd Ave Manhattan.

"Dan jika bicara pendidikan Islam di USA, masih belum ditemui pusat pendidikan Islam yang dikelola oleh muslim Indonesia, padahal terbukti bahwa muslim Indonesia memiliki warna dakwah yang khas dan unik dari yang disampaikan oleh komunitas Muslim asal Pakistan ataupun dari Timur Tengah," kata Shamsi Ali dalam pengantar pengalangan.

Hingga saat ini, telah terkumpul Rp 5 miliar dari dana yang dibutuhkan USD 1 juta atau setara dengan Rp 13 miliar. Senggat waktu yang disampaikan pemilik lahan hingga November 2017.

Shamsi Ali menceritakan telah melangkah untuk mewujudkan pesantren di Amerika. Pondok itu akan dinamai Pondok Nusantara Madani USA. Shamsi menemukan lokasi yang menurutnya tepat untuk dijadikan pesantren, lokasinya di 613 Town St Moodus CT 06469 USA. Berlokasi di Kota kecil Moodus, Negara Bagian Connecticut. Cukup dekat dari Kota Metropolitan New York.

Lokasi yang disebut Shamsi Ali tersebut yang akan berdiri pondok pesantren Indonesia. Luasnya sekitar 7,4 hektare. Dahulunya di sana dibangun fasilitas lapangan tenis, lapangan basket, serta kolam renang. Di sana terdapat juga telaga alam dan hutan kecil. (*)

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH