Musik

Shaggydog Rombak Ulang Lagu 'Di Sayidan' Jadi Lebih Hidup

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 26 Februari 2021
Shaggydog Rombak Ulang Lagu 'Di Sayidan' Jadi Lebih Hidup
Shaggydog aransemen ulang lagu 'Di Sayidan'. (Foto: Istimewa)

MASIH ingat dengan penggalan lirik 'di sayidan, di jalanan, oh angkat sekali lagi gelasmu kawan..” dari Shaggydog? Lagu yang pernah hits pada 2000an, tercipta oleh sang bassis, Aloysius Oddisey Sanco alias Bandizt menceritakan tentang nama kampung tengah kota yang terletak di pinggir kali Code

.

View this post on Instagram

A post shared by SHAGGYDOG (@shaggydogjogja)

Siapa sangka, lirik sederhana 'di gang gelap di balik ramaiya Yogya' ini tercipta ketika Bandizt menikmati minuman khas Jogja, Lape, sembari diiringi genjrengan gitar Ricahrd Bernado. Seketika penggalan lirik 'angkat sekali lagi gelasmu kawan' pun cukup populer menjadi sapaan hangat untuk Shaggydog dengan semua Doggies (sapaan untuk fans dari Shaggydog).

Baca juga:

Disney Gandeng Via Vallen untuk OST 'Raya and the Last Dragon'

Di awali dengan dentingan piano Lilik Sugiyarto, suara vocal Heruwa menyusul menyanyikan bait ke bait lagu yang kemudian suara tawa-nya ditingkahi beat drum Yustinus Satria Hendrawan untuk memulai tradisi ‘berdansa sambal tertawa’.

Pada aransemen terbaru ini, Shaggydog memadukan sound dua gitaris Raymondus dan Richard terdengar lebih gahar, sementara bass line, Bandizt tersimak lebih padat, dan tak lupa brass section di versi terbaru ini pun lebih ramai dengan penggunaan instrument tiup yang lebih lengkap.

Lagu spesial tentu saja membutuhkan sentuhan spesial juga. Terciptalah sebuah artwork dari bantuan seniman lintas disiplin cum kurator Biennale Jogja, Wok The Rock. Dari hasil curah pendapat bersama direktur Ruang MES 56 ini, menghasilkan sebuah artwork yang terinspirasi dari desain sticker klasik era 90an.

Aplikasi warna-warni berani semacam merah, hijau, oranye dengan pola funky integrasikan dengan outline hitam, untuk menambah estetika retro 90an.

Shaggydog Rombak Ulang Lagu 'Di Sayidan' Jadi Lebih Hidup
Artwork lagu 'Di Sayidan'. (Foto: istimewa)

Terhitung sudah 20 tahun berlalu sejak lagu Di Sayidan masuk dalam daftar 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi Rolling Stone Indonesia. Shaggydog pun sudah berkembang dengan memasukkan banyak unsur musik lain ke dalam komposisi Ska yang pada awalnya mereka usung.

Setelah itu, muncullah ide untuk menggubah ulang hits single ini sesuai dengan karakter musik yang sekarang dibawakan. Aransemen terbaru Di Sayidan sudah bisa dinikmati diseluruh digital platform Shaggydog. Selain itu, nantikan akan tersedia dalam bentuk rilisan kaset dimana pada side B diisi dengan lagu versi Keroncong. (far)

Baca juga:

Feel Koplo Sulap Lagu 'Gurita Kota' The Panturas Jadi Makin Asyik

#Musik #Musik Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan