Shafira Hadirkan Busana Ramah Lingkungan di ISEF 2019 Shafira hadirkan busana ramah lingkungan di di Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 (Foto: istimewa)

BRAND fesyen muslim high class, Shafira, tak henti-hentinya terus berinovasi guna memperkokoh eksistensinya sebagai pionir brand busana muslim di Indonesia.

Selama lebih dari tiga dekade berkiprah di jagat fesyen tanah air, Shafira terus konsisten menciptakan karya dengan tema memukau setiap tahunnya.

Baca Juga:

Jakarta Fashion Trend 2020 Hadir dengan Tema 'Fashion Revolution'

Seperti halnya yang baru-baru ini terjadi, Shafira meluncurkan sebuah koleksi busana ramah lingkungan, yang dipamerkan perdana di Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019.

Kontribusi untuk menginisiasi industri fesyen muslim lebih dari 30 tahun, telah membuahkan banyak karya yang menginspirasi.

Shafira meluncurkan sebuah koleksi busana ramah lingkungan di ISEF 2019 (Foto: istimewa)

Saat ini lewat lini koleksi terbarunya, Shafira ingin berkontribusi untuk menjadi barisan terdepan yang menggalakan kesadaran dan tanggung jawab akan lingkungan yang dimulai dari bidang fesyen.

"Shafira menuangkan dalam berbagai sisi, baik secara produk maupun secara operasionalnya. Poin utama yang kini mulai Shafira lakukan yakni dengan menginkorporasi material yang berasal dari serat alam, seperti organic silk dan Tencel" tutur Fenny Mustafa selaku founder dari Shafira Corporation.

Material tersebut merupakan serat alam alami yang terbuat dari kayu bersertifikat khusus dan ramah lingkungan. Produk pakaian yang mengandung serat tencel sendiri, memiliki tekstur kain yang lembut, ringan dan breathable. Hingga sangat cocok digunakan pada iklim tropis seperti di Indonesia.

Baca Juga:

Intip Tren Warna Rambut untuk 2020

Selain itu, daya serap yang tinggi pun membuat pengguna tetap nyaman dan mencegah munculnya bakteri. Karena berasal dari bahal alami juga, pakaian yang menggunakan 100% serat tencel, memiliki sifat biodegradable, sehingga bisa sepenuhnya kembali ke alam.

"Lewat kemitraan dengan Shafira, kami berharap para pecinta busana muslim bisa mendapatkan produk mode yang berkualitas tinggi. karena itu Tencel berkomitmen untuk terus mendukung industri mode muslim yang lebih sustainable" ucap Winston A. Mulyadi, Commercial Head, Lenzing SEA.

Pada ISEF 2019, koleksi spesial dari Shafira yang bertajuk Raison d'Etre, merefleksikan eksistensi dan kontribusi SHAFIRA untuk sekitarnya.

Hal ini ditranslasikan dalam rangkaian koleksi dengan palet warna bernuansa cream, tan, beige, hijau hingga biru yang terinspirasi dari komposisi warna tanah dan juga bumi sebagai representasi unsur alam.

Shafira menghadirkan busana bermaterial serat naturan delan polesan warna-warna cantik (Foto: istimewa)

Dituangkan dalam berbagai material berserat natural, polesan warna-warna cantik ini pun ditampilkan dalam motif yang indah, yang dibuat melalui teknik organic printing hingga menyajikan sebuah suguhan koleksi busana pret-a-porter dari material organik. Baik dari penggunaan bahan maupun pada proses produksinya.

Dalam fashion show di ISEF 2019, Shafira sukses menghipnosis audiens dengan menampilkan koleksi unik yang merefleksikan sebuah fesyen yang berkelanjutan (sustainable) lewat metode upcycling.

Dalam rangkaian koleksi ini Shafira menyulap material sisa produksi menjadi suguhan karya fesyen, dengan patch work sebagai aksen yang menambah point of interest yang menyiratkan perjalanan menuju industri less-waste.

Selaras dengan koleksinya yang beralih untuk menggunakan materialcompostable, Shafira juga secara maksimal mendukung gerakan pengurangan sampah pada proses operasionalnya. Salah satunya kegiatan dalam transaksi maupun dalam kegiatan manajemen dan sistematika kerja, telah terintegrasi secara digital sehingga hampir 100% paperless. (Ryn)

Baca Juga:

Gaya Skinny Jeans ala Selebritas, Bisa Kamu Tiru Nih!

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala