Sewel, Pempek ala Madura Sewel. (Foto: Instagram.com/waroeng_doea_toejoeh)

SEPULANG melancong ke Madura, jangan lewatkan membawa buah tangan. Beberapa makanan yang tahan lama bisa banget kamu bawa pulang. Salah satu pilihan makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dari 'Tanah Raden Segara' ialah sewel.

Sewel merupakan salah satu penganan berbahan dasar tepung sagu. Tepung dibuat adonan yang dicampur udang segar dan dibumbui. Bumbunya cukup sederhana, seperti garam, merica, dan bawang putih. Selain penggunaan udang sebagai bahan tambahan, ada juga yang menggunakan ikan.

Udang dihaluskan bersama bumbu-bumbu. Setelah itu, udang dicampurkan dengan tepung sagu dan diaduk dengan campuran air panas supaya teraduk sempurna. Adonan kemudian dibentuk sesuai selera, biasanya lonjong-lonjong.

 Sewel. (Foto: instagram.com/syalalaa.collection)
Sewel. (Foto: instagram.com/syalalaa.collection)

Sekilas, sewel terlihat seperti pempek. Rasanya juga dibilang tak terlalu jauh. Ada juga yang menyebutnya seperti aci digoreng (cireng) dari Jawa Barat. Teksturnya renyah di luar, sedangkan bagian dalamnya sedikit kenyal.


Seperti pempek, sewel dimasak dengan cara digoreng. Makanan ini berwarna kecokelatan. Rasanya terkenal sangat enak dengan citarasa gurih karena campuran udangnya. Ada juga yang mengolah sewel dengan cara direbus. Sewel rebus biasanya disebut sewel basah. Bagi para food traveller yang melancong ke Madura, makanan satu ini wajib dicoba.

Sewel makin nikmat disajikan dengan paduan bumbu rujak. Namun, ada juga pedagang yang menyajikannya dengan cuka seperti menikmati pempek.

Makanan nikmat ini berasal dari Socah, Kabupaten Bangkalan. Kecamatan Socah terkenal sebagai tempat wisata Bukit Jaddih di Desa Jaddih. Kalau penasaran, kamu juga bisa membuat sewel di rumah dengan resep berikut ini, seperti dikutip dari Cookpad.

Bahan-bahan:


- 1/2 kg tepung sagu

- 1/4 kg udang segar

- 1 sdt garam

- 1 sdt merica

- 2 siung bawang putih

 Sewel. (Foto: instagram.com/cak.ihinkuliner)
Sewel. (Foto: instagram.com/cak.ihinkuliner)

Langkah:

1. Haluskan semua bumbu bersama udang

2. Lalu masukkan ke dalam tepung sagu

3. Didihkan air panas lalu masukkan ke dalam sagu

4. Kemudian setelah adonan kalis, bentuk sesuai selera

5. Panaskan minyak goreng, lalu goreng dengan api kecil. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Los Elos, Kue Khas Madura yang Jarang Diketahui Orang Luar

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH