Sewa 9 Gerbong Kereta Api, PDIP Berangkatkan 9.000 Pemudik

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 18 April 2023
Sewa 9 Gerbong Kereta Api, PDIP Berangkatkan 9.000 Pemudik
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat melepas 9.000 pemudik ke Jawa di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4). Foto: MP/Ponco

MerahPutih.com - DPP PDI Perjuangan (PDIP) melepas keberangkatan Kereta Api Kertajaya dengan rute Jakarta-Semarang-Surabaya di Stasiun Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (18/4) sore.

Keberangkatan ribuan pemudik yang menggunakan sembilan gerbong kereta api ini dilepas oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Baca Juga

Kapolri Prediksi Arus Mudik Mulai Berlangsung Malam Ini

Sembari memberikan bingkisan kepada pemudik, Hasto menyampaikan bahwa fasilitas kereta api era Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sangat baik.

"Bapak, ibu, kereta api saat ini dibanding dulu sudah sangat jauh membaik. Saat ini gerbongnya bersih, dingin, dan wangi. Tidak desak-desakan lagi," kata Hasto.

Hasto mengatakan pada pekan ini, PDIP fokus membantu pemerintahan Presiden Jokowi dalam rangka mudik lebaran. Dia juga menyampaikan PDIP akan memberikan bantuan pada arus balik.

Menurut Hasto, pemberangkatan pemudik menggunakan kereta api menggunakan dana gotong royong dari kader PDIP.

"Total ada sembilan gerbong kereta api. Sebelumnya, kami menunggu lampu hijau dari pemerintah bahwa akhirnya mudik ini dapat dilakukan secara massal. Akhirnya setelah berjuang, kami mendapat sembilan gerbong dan sudah dibayar dengan gotong royong kader partai," ujarnya.

Baca Juga

Irit Ongkos Karena Mudik Gratis

PDIP, lanjut Hasto, juga mendirikan Posko Gotong Royong di sejumlah tempat di titik-titik arus mudik. Hasto menerangkan ini merupakan kali ketiga PDIP memberangkatkan pemudik menggunakan moda kereta api.

"Ini sebagai apresiasi kepada pemerintahan Pak Jokowi, Menhub, dan juga Menteri BUMN yang telah membangun kerja sama dengan baik, sehingga transportasi publik melalui kereta api ini semakin baik untuk digunakan sebagai moda transportasi untuk mudik," kata dia.

Tak hanya itu, tambah Hasto, PDIP juga menyiapkan 178 bus pada besok hari untuk membawa pemudik pulang ke kampung halaman.

"Kalau gerbong total sembilan dan busnya 178, jadi total diperkirakan, ya, sekitar 9 ribu pemudik," kata Hasto. (Pon)

Baca Juga

Erick Ingin Gandeng Jepang Kembangkan Kereta Api di Sumatera

#Kereta Api #PDIP #Mudik #PT KAI #Hasto Kristiyanto
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan