Seusai Bicara OK OCE, Sandiaga Belajar Bikin Emping di Cirebon Sandiaga Uno di Cirebon (MP/Mauritz)

MerahPutih.Com - Cawapres Sandiaga Uno berkunjung ke Cirebon. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan memperkenalkan program andalannya OK OCE.

Menariknya, selama di Cirebon, Sandiaga berkesempatan berdialog langsung dengan para pembuat emping yang juga kelompok usaha kecil menengah.

Kelompok UMKM pembuat emping berada di Desa Tuk, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kedatangan Sandi di desa tersebut mendapat sambutan hangat dari warga. Ada yang berteriak histeris, ada pula yang berebut untuk bersalaman atau berswafoto bersama mantan Wagub DKI Jakarta tersebut.

Seorang ibu bahkan histeris setelah mendapatkan foto dan bersalaman dengan cawapres yang didukung Gerindra, PKS, PAN, Demokrat dan Berkarya tersebut.

Sandiaga Uno disambut warga Cirebon
Sandiaga Uno disambut antusias oleh warga Cirebon (MP/Mauritz)

"Ya Allah, ganteng banget,” ucapnya dengan logat Cirebonan yang kental.

Sesampainya di tempat pembuatan emping yang dikelola pasangan Endi dan Nancy, Sandi terkesima melihat tempat pembuatan emping yang menjadi oleh-oleh khas Cirebon. Dapurnya begitu sederhana. Cara membuat empingnya yaitu melinjo dibakar dengan pasir di atas tungku. Lalu biji melinjo yang sudah matang dibuka kulitnya dan ditumbuk.

“Saya mau coba bikin emping,” kata Sandi. Dia pun duduk dan mulai memukul biji melinjo dengam alat seperti palu seberat 2,5 kg. Berapa kali biji melinjo melejit karena kurang presisi.

Sandi mencoba membuat emping
Sandiaga mencoba membuat emping bersama kelompok UMKM di Cirebon (MP/Mauritz)

Sandiaga mengakui bahwa membuat emping ternyata butuh ketekunan dan keahlian khusus.

“Susah ternyata bikin emping,” Kata Sandi di Cirebon, Kamis (11/10). Pada kesempatan itu Sandi berhasil menumbuk melinjo hingga pipih. Satu emping berukuran sedang menghabiskan empat sampai lima melinjo.

“UMKM seperti ini yang bisa mensejahterakan masyarakat sekitarnya. Saya kagum dengan pasangan Pak Endi dan Bu Nancy yang menghidupi keluarga para pekerja pembuat melinjo ini. Meski kecil, tapi sudah menciptakan lapangan kerja,” tutur Sandiaga Uno.(*)

Sandiaga membeli emping produksi masyarakat
Sandiaga memperhatikan emping melinjo hasil produksi kelompok UMKM di Cirebon (MP/Mauritz)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Mauritz, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Gubernur NTB Optimistis Proses Rekonsktruksi Pascagempa Berjalan Cepat dan Baik



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH