Setrum Aki Ternyata Ada Baiknya Aki atau baterai bagian vital pada kendaraan. (Foto: Pixabay/StockSnap)

AKI atau baterai mobil sangat penting dan vital. Tanpa alat ini jangan harap mobil atau motor kamu dapat distater. Jika kendaraan jarang dipakai biasanya mempengaruhi performa dari aki. Listrik yang tersimpan di dalamnya hanya disedot saja tidak pernah diisi.

Banyak yang mengatakan kalau kendaraan jarang dipakai, paling tidak seminggu sekali diajak jalan. Ini fungsinya selain tetap menjaga keawetan mesin juga menambah daya listrik pada aki.

Baca Juga:

Merawat Sendiri Jok Kulit Mobil

aki
Aki basah dapat disterum. (Foto: Pixabay/Capri23auto)

Nah, kalau performa aki masih lumayan baik namun loyo, biasanya orang akan membawanya pada jasa penyetruman aki. Setelah melakukan penyetruman, maka aki akan kembali memiliki daya listrik. Namun apakah baik kegiatan ini?

Laman KabarOto menuliskan aki mobil tidak bisa disamakan dengan baterai pada ponsel. Kebutuhan listrik pada ponsel memang harus diberi daya bila sudah habis. Berbeda dengan aki cara kerjanya tidak seperti itu. Justru kalau diberi setrum terus kondisi aki malahan akan menurun. Sebenarnya tidak masalah dengan setrum aki, namun dilakukan pada periode tertentu, seperti sebulan sekali.

Penyetruman sebulan sekali akan membantu kondisi aki menjadi baik. Namun aki yang baik mendapatkan perawatan seperti itu hanyalah aki basah. Aki basah adalah aki yang menggunakan cairan yang harus ditambahkan bila berkurang pada level tertentu. Sementara aki kering bebas perawatan, namun bila sudah dalam kondisi buruk, maka tidak dapat dipakai sama sekali. (psr)

Baca Juga:

Mobil ala Avatar Buatan Mercedez-Benz

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH