Setnov Hingga Patrialis Akbar Berpotensi Bebas Jika Revisi PP 99/2012 Diloloskan Peneliti ICW Kurnia Ramadhana. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly akan membebaskan narapidana kasus korupsi yang telah berusia 60 tahun ke atas yang telah menjalani 2/3 masa tahanannya. Diperkirakan ada sekitar 300 napi korupsi yang bebas bila revisi ini diloloskan.

Pembebasan koruptor itu akan dilakukan lewat revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Rencana pembebasan terhadap sejumlah napi dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Lapas yang mengalami overkapasitas.

Baca Juga:

Ini Alasan Anggaran Rp405 Triliun untuk Tanggulangi COVID-19 Perlu Diawasi

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mengatakan mantan Ketua DPR Setya Novanto atau Setnov berpotensi bebas oleh rencana revisi PP 99/2012.

"Saya mencoba mendata napi korupsi di atas 60 tahun, dan punya high profile case di KPK," kata Kurnia saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (3/4).

ICW tak kaget dengan sikap KPK yang apresiasi anjuran Menteri Yasonna untuk bebaskan koruptor
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana (Foto: antaranews)

Menurut Kurnia Setnov berpotensi bebas karena usianya saat ini sudah 64 tahun. Selain mantan Ketua Umum Golkar itu, kata Kurnia, ada sejumlah napi kasus korupsi yang berpotensi bebas.

Mereka yakni, pengacara senior O.C Kaligis, mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar, mantan Menteri Agama Suryadharma Ali dan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

"Apakah syarat 60 tahun dan menjalani 2/3 masa hukuman harus keduanya atau sifatnya salah satu terpenuhi bisa dibebaskan," kata Kurnia.

Baca Juga:

Pemprov DKI dan Kemensos Sepakat Beri Rp1 Juta Bagi Warga Terdampak COVID-19

Diketahui napi koruptor yang tata laksana pembebasannya diatur lewat PP nomor 99 tahun 2012 tidak bisa ikut dibebaskan bersama 30.000 napi lain dalam rangka pencegahan COVID-19 di lembaga pemasyarakatan (lapas).

Dengan revisi PP 99/2012 Kemenkumham akan membebaskan 300 narapidana kasus korupsi yang telah berusia di atas 60 tahun dan telah menjalani 2/3 masa tahanannya. (Pon)

Kredit : ponco


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH