Setnov Dirawat di RSPAD Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (24/4). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

MerahPutih.com - Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Tejo Harwanto membenarkan terpidana kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto, sedang tidak berada di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Tejo menjelaskan mantan Ketua DPR RI ini tengah berada di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat untuk berobat.

"Memang benar Sdr. Setnov sekarang berada di RSPAD Gatot Subroto, melaksanakan perawatan dan tindakan medis dengan diagnosa," kata Tejo saat dikonfirmasi, Senin (29/4).

Menurutnya, Setnov telah meninggalkan Lapas Sukamiskin sejak Rabu (24/4) lalu. Dia belum memastikan kapan eks Ketua Umum Partai Golkar itu akan kembali ke penjara.

setnov vonis

Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (24/4). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

"Dirawat sampai dengan tindakan operasi selesai dan rekomendasi tim dokter untuk bisa pulang kembali," jelas Tejo.

Berdasarkan hasil diagnosa tim dokter yang dibeberkan oleh Tejo, Setnov menderita sejumlah penyakit di antaranya, Chronic Kidney Disease (CKD) atau gagal ginjal kronis‎, vertigo, serta Coronary Artery Disease (CAD) atau kelainan pada pembuluh darah di bagian jantung.

"Itu diagnosa dokter, bahasa kedokterannya itu," ungkap dia.

Tejo pun memastikan selama di RSPAD, Setnov dalam pendampingan pihak Lapas dan pengawalan petugas kepolisian.

Setnov telah menghuni Lapas Sukamiskin sejak Mei 2018 lalu. Dia dipidana hukuman 15 tahun penjara setelah terbukti bersalah dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH