Setinggi Gedung Bertingkat, Ini 4 Seluncuran Air Terekstrem di Dunia Rekomendasi seluncuran air terekstrem di dunia (Foto: houstonchronicle.com)

BANYAK tempat rekreasi pilihan keluarga yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah tempat wisata air seperti kolam renang. Fasilitas yang lengkap serta memadai, membuat pengunjung betah dan bahagia bermain air seharian. Khususnya bagi anak-anak yang senang bermain air. Wahana air yang disediakan juga beragam, seperti ember raksasa, sungai ombak, serta seluncuran air. Namun, tidak sembarang pengunjung bisa menaiki seluncuran air tertentu. Beberapa seluncuran air terbaik dunia terbangun dengan jalur yang tinggi dan panjang, Bahkan ada yang dikategorikan sebagai paling ekstrem.

Ternyata, terdapat beberapa kolam renang yang memiliki seluncuran terekstrem di dunia. Ketinggian dan kecuraman yang dimiliki membuat para pengunjung berfikir dua kali untuk menaikinya. Meskipun begitu, wahana ini tetap aman karena dijaga oleh petugas yang sudah profesional. Ada di mana saja seluncuran paling ekstrem di dunia? Melansir laman tripsavvy, berikut empat di antaranya.

Baca juga:

4 Waterpark Terbaik Dunia, Kamu Dijamin Puas Main Air di Tempat ini

1. Leap of Faith, Bahamas

Setinggi Gedung Bertingkat, Ini 4 Seluncuran Air Terekstrem di Dunia
Berseluncur bersama ikan hiu di Leap of Faith, Atlantis (Foto: odd stuff magazine)

Dikenal dengan sebutan Aquaventure. Kolam air ini berada di Pulau Paradise, Bahamas. Konsep wahana yang unik menyerupai piramida raksasa seperti kebudayaan Maya. Terdapat seluncuran air dengan ketinggian sekitar 60 kaki atau kurang lebih 18 meter di sana.

Wahana itu dinamai dengan Leap of Faith. Kamu akan merasakan sensasi yang berbeda saat terjun dari atas seluncuran tersebut. Bahkan, ketika berada di puncak seluncuran terasa dua kali lipat tingginya. Ingin menjerit saja sangatlah susah, tekanan saat terjun membuat kesulitas untuk bernafas.

Terdapat juga beberapa wahana lainnya dengan keunikan tersendiri. Taman bermain Aquaventure memiliki luas hingga 141 hektar, dengan 20 area kolam air serta beberapa fasilitas lainnya.

Terdapat pula sungai buatan sepanjang satu mil yang bisa memunculkan gelombang ombak air yang besar. Banyaknya fasilitas yang cocok bagi keluarga, menjadi salah satu alasan tempat ini ramai dikunjungi tiap tahunnya.

2. Summit Plummet, Florida

Setinggi Gedung Bertingkat, Ini 4 Seluncuran Air Terekstrem di Dunia
Seluncuran air di Summit Plummet memiliki ketinggian hingga 40 meter (Foto: disneyparks.disney.go.com)

Terdapat di daerah Florida, dengan konsep kartun terkenal di Dunia yaitu Walt Disney World. Seluncuran air dengan ketinggian hingga 120 kaki atau hampit 40 meter.

Dikenal dengan sebutan Summit Plummet, wisata air dengan seluncuran tertinggi dan tercepat di Dunia. Dibentuk seperti jalur lompatan ski, sepanjang lintasan ini diselimuti dengan salju buatan. Sensasi seperti terbang melayang akan kamu rasakan saat menuruninya. Kecepatannya bisa mencapai 50-60 meter per detik.

Meskipun sudut pada seluncuran tidak mencapai 90 derajat, Summit Plummet ini sangatlah curam. Harus memiliki keberanian lebih untuk menaiki wahana ini. Kendati sangat menyeramkan wahana ini sering dikunjungi oleh pengunjung tiap tahunnya.

Selain memiliki seluncuran tertinggi di Dunia, fasilitas lainnya sangat disukai oleh anak-anak. Selalu melakukan pengecekan pada setiap fasilitas yang dimilikinya. Memberikan rasa nyaman dan aman bagi keluarga yang berkunjung ke Summit Plummet.

Baca juga:

5 Tips Jaga Keamanan Kolam Renang untuk Anak

3. Insano, Fortaleza

Setinggi Gedung Bertingkat, Ini 4 Seluncuran Air Terekstrem di Dunia
Insano berhasil tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai seluncuran air tertinggi di dunia (Foto: pinterest/9bytz)

Beach Park, salah satu karnaval terkenal dari negara Brasil yang berada di Fortaleza. Dengan salah satu fasilitasnya bernama Insano yang berhasil masuk ke dalam Guinness Book of Records sebagai seluncuran air tertinggi di dunia.

Ketinggian dari seluncuran ini setara dengan gedung 14 lantai sekitar 135 kaki atau 50 meter lebih. Hanya membutuhkan waktu sekitar lima detik, kamu akan mencapai kolam air yang cukup luas.

Oleh karena itu, ada peraturan khusus bagi pengunjung yang ingin mencoba fasilitas ini. Tidak sembarang orang yang diperbolehkan untuk menaikinya. Selain itu, berat badan kamu juga mendukung kecepatan saat menuruni seluncuran ini.

Dibangun pada tahun 1989, tempat wisata air ini menjadi wahana teresktrim di Dunia. Selain wisata air, tempat ini juga menyewakan penginapan dengan total 123 kamar. Kualitas yang diberikan dari pengelola sangatlah baik. Sehingga, pengunjung yang hadir selalu ramai tiap tahunnya.

4. Aquaduck, Walt Disney Official

Setinggi Gedung Bertingkat, Ini 4 Seluncuran Air Terekstrem di Dunia
Seluncuran air Aquaduck ada di atas kapal pesiar (Foto: cruise critic)

Kapal pesiar yang satu ini memiliki fasilitas unik dan tak biasa. Biasanya, terdapat kolam renang sederhana yang dilengkapi dengan bangku untuk bersantai. Namun, kolam air yang dikenal dengan Aquaduck berada di kapal pesiar Disney Dream. Memiliki panjang mencapai 765 kaki atau sekitar 240 meter, berada di atas 11 dek kapal pesiar itu.

Bukan hanya sekedar seluncuran biasa, terdapat terowongan buatan yang menjulang hingga keseluruh bagian kapal. Fasilitas pendukung lainnya memberikan rasa nyaman lebih bagi para pengunjung kapal. Sangat cocok bagi kamu bersama keluarga untuk mencoba kolam air tersebut jika menaiki kapal pesiar ini.

Konsep yang diusung oleh pengelola kapal tersebut, menjadikannya sebagai wisata air di atas kapal terbaik di Dunia. Meskipun begitu, ketakutan akan kamu rasakan saat melewati terowongan di atas kapal. Keunikan seluncuran air di atas kapal ini, menarik perhatian banyak wisatawan. (Dys)

Baca juga:

7 Kolam Renang Paling Indah di Eropa, Jadi Kepingin Nyebur Terus



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH