Setiap Anggota Komisi II Pernah Terima Uang e-KTP, Jumlahnya Fantastis Sidang lanjutan korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta. (MP / Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Pengacara Elza Syarief menjadi saksi dalam sidang lanjutan perkara korupsi proyek pengadaan e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (26/2).

Dalam kesaksiannya, Elza mengungkap adanya penerimaan uang e-KTP terhadap anggota Komisi II DPR melalui mantan Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap. Hal itu, kata Elza berdasarkan keterangan dari Politisi Hanura Miryam S Haryani.

“Kayaknya satu map itu, dia (Miryam) kasih gambaran itu saja, dan saya nggak tanya jumlahnya. Tapi ada tulisannya, amplop putih atau coklat, saya lupa, ada tulisan komisi II,” ujar Elza.

Menurut Elza, berdasarkan pengakuan Miryam, pada saat itu Miryam tak mengetahui bahwa amplop tersebut berisi uang. Elza menyebut, amplop yag bertuliskan Komisi II itu diberikan kepada Chairuman Harahap.

“Dia (Miryam) bilang, saya nggak tahu kalau itu uang. Jadi waktu terima itu, dia nggak tauh itu uang, dan diserahkan ke ketua komisi II (Chaeruman),” jelas Elza.

Setelah amplop tersebut diserahkan kepada Chairuman, barulah Miryam mengetahui bahwa amplop tersebut berisi uang.

Miryam, terang Elza, mengetahuinya setelah diperintahkan untuk membagi-bagikan uang tersebut kepada seluruh anggota Komisi II DPR periode 2009-2014.

“Ternyata uang Dollar, dan dia (Miryam) diperintahkan untuk membagikan ke seluruh komisi II. Dan setelah dihitung-hitung satu orang dapat Rp 30 juta,” pungas Elza. (Pon)

Kredit : ponco


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH