Setiap 7 Menit Kereta akan Lewat Cirebon Stasiun Cirebon akan dilintasi lebih banyak kereta pada liburan nataru tahun ini. (Foto: MP/Mauritz)

PT Kereta Api Indonesia menetapkan masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 selama 18 hari, dari tanggal 19 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020. Dengan demikian, terdapat penambahan rangkaian KA yang melintas.

Vice President KAI Daop 3 Cirebon Tamsil Nurhamedi mengatakan, berdasarkan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang berlaku sejak 1 Desember 2019, kereta reguler yang melintas di Daop 3 Cirebon pada per harinya ada 168 kereta atau kira-kira sekitar 8,5 menit sekali. Kemudian, pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020, ada 26 kereta tambahan yang akan melintas di Daop 3 Cirebon.

Baca Juga:

Simak Nih, Perubahan Jadwal Kereta Daop VI Yogyakarta - Solo

cirebon
Ada sekitar 194 kereta yang akan melintas di stasiun Cirebon. (Foto: MP/Mauritz)

Sehingga, untuk wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, ada 194 kereta yang akan melintas per harinya. Hal ini dilakukan demi memenuhi permintaan penumpang yang bertambah. Dengan demikian, rata-rata kereta akan lewat sekitar 7 menit sekali.

"Dengan penambahan rangkaian, maka kereta api akan lewat tiap 7 menit sekali," jelasnya usai apel persiapan personel di Stasiun Cirebon, Kamis (19/12).

Tamsil melanjutkan, dengan adanya penambahan frekuensi lalu lintas kereta, maka perlu adanya kewaspadaan bagi para pengguna jalan. Terutama yang melintas di atas rel kereta api, karena akan semakin padat.

Baca Juga:

cirebon
Akan terjadi kepadatan di lintasan pintu kereta. (Foto: MP/Mauritz)


Untuk itu, ada 176 perlintasan sebidang baik yang resmi maupun tidak resmi di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon. Sehingga, itu menjadi kewaspadaan tersendiri. Sedangkan perlintasan sebidang yang telah dijaga oleh petugas KAI ada 55 dan ada juga beberapa yang dijaga oleh pemerintah daerah.

"Dengan masih banyaknya perlintasan yang belum dijaga, maka pada masa libur Natal dan Tahun Baru kami menugaskan 174 personel petugas ekstra penjaga perlintasan," pungkasnya. (*)


Baca Juga:


Tulisan dari Mauritz kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Kredit : mauritz


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH