Setengah Abad Pendudukan Israel, Begini Nasib Rakyat Palestina dalam Studi PBB

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 04 April 2018
Setengah Abad Pendudukan Israel, Begini Nasib Rakyat Palestina dalam Studi PBB
Warga Palestina salat saat pasukan keamanan Israel melakukan tindakan pengamanan di luar lapangan yang dikenal oleh muslim sebagai Tanah Suci. (ANTARA FOTO/REUTERS/Ronen Zvulun)

MerahPutih.com - Setengah abad pendudukan dan pengalihan tanah serta sumber daya oleh Israel telah membuat miskin rakyat Palestina dan membuat mereka kehilangan hak untuk membangun. Demikian sebuah studi terbaru PBB pada Selasa (3/4).

Studi oleh Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) menyatakan Israel dan masyarakat internasional memiliki kewajiban berdasarkan hukum internasional dan hak asasi manusia guna menghindari tindakan yang menghambat pembangunan.

Mereka, katanya, perlu melakukan tindakan guna menempa pembangunan di wilayah Palestina yang diduduki.

"Masyarakat internasional mesti memikul tanggung jawabnya guna mendorong pembangunan di wilayah Palestina yang diduduki dan memastikan bahwa pendudukan dan bahaya yang terkandung di dalamnya bagi kesejahteraan rakyat Palestina diakhiri," kata Mahmoud Elkhafif, Koordinator Unit UNCTAD mengenai Bantuan buat Rakyat Palestina, sebagaimana dikutip Antara dari Xinhua, Rabu (4/4) siang.

Studi UNCTAD tersebut berjudul "The Economic Costs of the Israeli Occupation for the Palestinian People and Their Human Right to Development: Legal Dimensions".

Aktivis Palestina mengumpulkan ban untuk dibakar di sepanjang perbatasan Israel-Gaza, di selatan Jalur Gaza, Selasa (3/4). ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/djo/18
Aktivis Palestina mengumpulkan ban untuk dibakar di sepanjang perbatasan Israel-Gaza, di selatan Jalur Gaza, Selasa (3/4). (ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Studi itu menyoroti tebusan ekonomi yang ditimbulkan oleh pendudukan berkaitan dengan pertanian Palestina, sumber daya air, perikanan, pertambangan, pariwisata, komunikasi, manufaktur dan modal manusia.

Di bawah pendudukan, rakyat Palestina dan pemerintah mereka tak diperkenankan melaksanakan tugas dasar yang diperlukan bagi pembangunan sosial dan ekonomi.

Kondisi itu menghalangi mereka untuk menikmati hak asasi manusia yang tak bisa diperdebatkan bagi pembangunan, yang menetapkan bahwa semua manusia dan bangsa berhak untuk secara bebas ikut dalam, memberi sumbangan pada, dan menikmati pembangunan sosial, ekonomi, budaya dan politik.

Tindakan Israel yang memberlakukan biaya buat rakyat Paleatina juga meliputi pembangunan permukiman secara tidak sah dan tembok pemisah di Tepi Barat Sungai Jordan.

Studi tersebut juga menyebut bahwa tembok penghalang itu akan dibangun di jalur yang melindungi permukiman Yahudi dan mengambil jalur penting tanah Palestina, sehingga menimbulkan gangguan besar bagi kehidupan sosial rakyat Palestina dan kegiatan ekonomi.

Studi itu menekankan bahwa berdasarkan hukum internasional, penguasa pendudukan memiliki kewajiban pada rakyat yang berada di bawah pendudukan dan masyarakat internasional.

Studi tersebut juga menyatakan masyarakat internasional memiliki kewajiban untuk mendukung pembangunan ekonomi rakyat Palestina dan memastikan Israel mematuhi hukum internasional. (*)

#PBB
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan