Setelah Pasang Dinding Turap, Pemprov DKI Bakal Keruk Kali Item

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 15 November 2018
Setelah Pasang Dinding Turap, Pemprov DKI Bakal Keruk Kali Item
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah melakukan pengerjaan pemasangan dinding turap atau sheetpile di kali item atau kali Sentiong, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Adapun pemasangan dinding turap itu sepanjang 1.900 meter. Turap tersebut dipasang di sisi kanan dan kiri aliran kali Sentiong.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan (Foto: MP/Asropih)

Teguh pun memastikan setelah pemasangan dinding turap selesai akhir tahun 2018 ini, Pemprov DKI akan melanjutkan pengerjaan pengerukan Kali Sentiong.

"Nanti bertahap yang pasti pembangunan untuk sheetpile nanti baru pengerukan pastinya," kata Teguh di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (15/11).

Teguh mengaku, program penataan kali item telah berjalan sejak Juni 2018 lalu, dan saat ini telah mencapai 60 persen. Ia pun akan mempercepat penataan pada 15 Desember 2018 mendatang.

"Progres pengerjaannya sudah berjalan sejak Juni. Sekarang sudah rampung kira-kira 60 persenan. Kita kejar per 15 Desember selesai semua," tutur Teguh.

Pemasangan Jaring di Kali Item
Jaring untuk menutupi bau Kali Item Wisma Atlet Kemayoran. Foto: NET

Disamping itu, lanjut Teguh, saat ini waring hitam di kali item telah dicopot. Pencopotan itu sebagai penataan untuk menindaklanjuti penataan kali dengan pemasangan dinding turap.

"Ya, saya memang sudah bersurat dengan pak gubernur, memohon izin waring hitam kita cabut agar selesai untuk pembangunan sheetpile di sisi kanan dan sisi kirinya," tutupnya. (Asp)

#Polemik Kali Item
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan