Setelah Marawi, ISIS Rancang Perang Kota di Indonesia Ilustrasi. (Pixabay.com)

MerahPutih.com - Mantan teroris sekaligus pemerhati radikalisme Sofyan Tsauri mengungkapkan bahwa sejatinya kelompok teroris ISIS pernah merancang perang kota di sejumlah daerah di Tanah Air setelah mengguncang Marawi, Filipina. Tujuannya adalah menciptakan suasana rusuh dan chaos kemudian menyebarkan paham takfiri yang diyakini mereka.

“Sejumlah daerah di Indonesia yang sudah masuk rencana mereka adalah, Aceh, Banten, Bima dan daerah di Jawa Tengah," ujarnya kepada awak media, Jumat (11/8).

Marawi, katanya Sofyan, merupakan target pengembangan camp-camp militan regional setelah di Suriah digempur pasukan Soviet dan sekutu Amerika.

“Sejak lama Marawi sudah sejak lama jadi daerah perdagangan senjata, apalagi sejak pimpinan ISIS menyatakan jihad tidak perlu ke Suriah, mereka berkumpul di Marawi, sudah banyak yang ke sana, lintas negara," ungkapnya.

Meski menjadi target pendirian camp militan di Indonesia, diakui Tsauri, ISIS tetap menggunakan momentum dan suasana chaos untuk menyebar paham mereka. "Tetap saja sutuasi selalu akan dimanfaatkan mereka. Tanpa momentum chaos mereka sulit untuk sebar paham radikal di tanah air," ucapnya. (Fdi)



Thomas Kukuh

YOU MAY ALSO LIKE